Cara Mengatasi dan Melaporkan Berita Hoax

Oktober 15, 2021

menanggapi berita hoax

Saat ini informasi yang disampaikan melalui website dan sosmed bisa menyebar dengan cepat. Beredarnya informasi maupun tips lewat platform chat seperti whatsapp dan telegram tentang apa yang terjadi di sekitar kita. Tanpa sadar banyak orang yang langsung menerima informasi tersebut dan menyebarkannya karena dianggap penting tanpa mencari tahu kebenarannya. Lalu bagaimana cara membedakan informasi tersebut sudah valid atau hoax?

  1. Selektif dan kritis terhadap informasi

Sebagian informasi yang tersebar berisi anjuran demi kesehatan maupun hal lain yang terkait dengan kepercayaan untuk mencapai sesuatu hal. Padahal pihak yang menyebarkan juga awalnya tidak paham apakah ada jaminan keberhasilan terhadap anjuran tersebut. Kita harus mencari tahu dari berbagai sumber yang terpercaya sebelum melakukan penyebaran terhadap semua informasi yang kita dapatkan. Dan jika memang informasi tersebut valid, maka ada baiknya jika kita juga menyebarkan dan mencantumkan sumber yang terpercaya.

 

  1. Lakukan konfirmasi pada pihak yang terkait

Ada beberapa klasifikasi bidang untuk mendapatkan informasi yang spesifik. Biasanya untuk kesehatan kita bisa mengajukan pertanyaan dan konfirmasi melalui website atau aplikasi mobile halodoc maupun alodokter. Tetapi ternyata pemerintah sudah menyediakan layanan pengaduan secara online yang bisa dilakukan oleh siapapun.

Jenis pengaduannya secara umum yang meliputi konten negatif. Seperti misalnya konten hoax, pornografi, kekerasan dan banyak lagi yang lainnya. Pengaduan ini bisa dilakukan dengan melakukan registrasi di website https://aduankonten.id.

Inputan pada website aduankonten.id bisa berupa screenshot pada ponsel maupun inputan link website yang dilaporkan. Setelah itu sistem akan memberikan nomor tiket pengaduan yang bisa dipantau kapan saja. Secara berkala, pihak aduankonten.id akan memberikan updte di website tersebut apakah pengaduan sudah selesai diproses atau belu,

Untuk kumpulan berita hoax, Kemenkominfo juga menyediakan halaman website tersendiri yang memberikan informasikan laporan konten hoax dari berbagai sumber. Untuk halaman aksesnya bisa melalui https://www.kominfo.go.id/content/all/laporan_isu_hoaks.

 

Dengan usaha yang dilakukan secara bersama-sama oleh semua pihak, tentunya akan semakin mudah mencegah berita hoax maupun konten negatif lainnya. Masyarakat juga akan semakin selektif untuk menentukan informasi mana yang memang sudah dipastikan kebenarannya.