Apa itu Captcha dan Fungsinya pada Website

Oktober 07, 2021

cara kerja captcha

Jika anda pernah diminta memasukkan rangkaian huruf atau angka sebelum submit suatu form pada website, Itu merupakan salah satu bentuk captcha. Aktifitas pada captcha ini kadang dianggap merepotkan oleh sebagian pengunjung website, tetapi ternyata captcha ini mempunyai banyak fungsi untuk website.

Captcha adalah suatu sistem keamanan yang berfungsi untuk melakukan pemeriksaan dari permintaan (request) yang diajukan pada website untuk membedakan apakah request tersebut dilakukan oleh robot atau manusia. Jika dilakukan oleh manusia, sistem akan memberikan hasil dari request. Sedangkan jika dilakukan oleh robot, maka proses tidak akan dilanjutkan.

Robot yang dimaksud disini yaitu sistem yang menjalankan spam secara otomatis. Spam ini dapat melakukan request melalui pengisian otomatis pada form yang ada di sebuah website. Form tanpa captcha akan lebih terancam untuk dibobol oleh spam dengan data yang mengganggu traffic website itu sendiri.

Captcha memiliki sistem pemeriksaan yang hanya bisa diselesaikan oleh manusia. Karena pemeriksaan captcha ini selalu berubah-ubah di setiap sesi kunjungan berbeda pada website. Tampilan captcha yang selalu berubah-ubah tersebut yang akhirnya jarang bisa dilewati oleh spam. Captcha menjadi fitur yang krusial pada setiap website. Captcha memiliki beberapa fungsi pada kasus fitur website yaitu :

  1. Melindungi form registrasi

Form registrasi saat ini selalu disertai dengan captcha. Karena apabila form registrasi diserang oleh spam maka akan penuh traffic website yang membuat server menjadi lamban. Terlebih lagi jika form registrasi mempunyai fitur pengiriman notifikasi pada email pemilik website. Hal itu akan lebih merepotkan owner website jika banyak email spam masuk yang akhirnya mempersulit pemilihan apakah data yang masuk itu merupakan data spam atau data asli manusia. Maka captcha sangat penting untuk diterapkan pada form registrasi.

 

  1. Menyaring komentar spam

Saat ini fitur komentar pada setiap artikel maupun blog menjadi fitur yang hampir selalu tersedia. Fitur komentar menjadi sarana komunikasi dua arah antara pengunjung dengan owner website. Jika fitur komentar ini tidak terdapat captcha maka sudah dipastikan database komentar akan penuh dengan spam. Hal tersebut membuat owner website harus membersihkan database secara  berkala dan akan kesulitan memilih komentar mana yang diinputkan oleh manusia. Karena itu captcha harus diterapkan pada kolom komentar.

Captcha juga memiliki berbagai macam jenis. Jenis text captcha mengharuskan pengunjung website untuk menyalin text yang ditampilkan oleh captcha. Ada pula captcha yang berbasis picture recognition dimana pengunjung website harus memilih gambar sesuai yang ketentuan yang diberikan.

Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, berbagai macam captcha terus dikembangkan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan agar bisa digunakan secara maksimal pada website.