Sejarah dan Asal-usul Hello World

September 30, 2021

Sejarah Hello World

Bahasa pemrograman saat ini sudah banyak berkembang. Yang terbaru yaitu seperti Dart yang digunakan oleh Flutter, kemudian typescript yang diperkenalkan oleh Angular, dan tidak kalah menarik ketika Google memgembangkan bahasa Go atau yang sering disebut Golang.

Tentunya Bahasa pemrograman tersebut memiliki ciri khas penulisan yang berbeda-beda. Sekalipun Bahasa pemrograman mempunyai konsep yang sama dalam hal seperti inisiasi data, penggunaan variable, array dan objek, tentunya tetap mempunyai penulisan kode program yang berbeda.

Untuk melakukan ujicoba pertama kali, programmer selama ini sering menggunakan kalimat “Hello World !”. Kalimat tersebut biasanya untuk pengujian menampilkan data pertama kali secara sederhana menggunakan bahasa pemrograman yang sedap dipelajari. Lalu apa alasan dibalik pemilihan kalimat “Hello World!” ?

 

Sejarah “Hello World !”

Satu hal yang sangat menarik yaitu bahwa Hello World sudah digunakan sejak lama. Pemilihan kalimat Hello World bukan semata-mata dipakai karena mudah dipakai, tetapi karena sejarahnya.

Orang yang pertama kali menulis kalimat Hello World saat pengecekan kode program adalah Brian Kerninghan. Pada tahun 1972, Brian Kerninghan menggunakan Bahasa pemrograman BPCL (Basic Combined Programmer Language). Saat dokumentasi bahasa BPCL dirilis, beliau menuliskan kode program dengan output kalimat Hello World. Tak lama kemudian saat Bahasa Pemrograman C dirilis pada tahun 1974, dokumentasi awal juga menampilkan output Hello World.

Karena Bahasa C rilis tidak lama sejak BPCL dirilis, BPCL sering disebut kepanjangannya menjadi Before C Programming Languange.

Lalu dibalik alasan pemilihan Hello World pada dokumentasi Bahasa BPCL, Brian Kerningngan sempat ditanya saat sesi wawancara. Kemudian seperti ini jawaban beliau :

Ingatan saya sangat suram sekarang. Apa yang saya ingat adalah sebuah kartun yang menampilkan seekor telur dan anak ayam, dan anak ayam itu mengatakan “Hello, world".

Seperti itulah asal-usul Hello World yang masih sering digunakan sampai saat ini di hampir semua dokumentasi bahasa pemrograman. Apakah anda pernah menerapkannya?