Cara Memilih Router Wireless untuk Koneksi Internet Anda

September 26, 2021

memilih router wireless

Akses internet sangat dibutuhkan saat ini baik untuk aktifitas pekerjaan atau hiburan semata. Salah satu factor pendukung kecepatan internet selain dalam memilih provider, adalah menentukan router wifi yang digunakan.

Router wifi adalah perangkat yang berfungsi memancarkan dan menerima signal koneksi internet untuk menyebarkan ke seluruh area yang di inginkan dan sesuai jangkauan.

Nah, maka dari itu Anda perlu teliti sebelum menentukan router wifi untuk kebutuhan Anda, jangan sampai salah pilih karena dapat menjadi salah satu faktor lambatnya koneksi internet. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih router wireless atau router wifi

 

  1. Sesuaikan dengan jumlah pengguna internet

Semakin banyak pengguna dalam satu atap yang menggunakan internet, maka pilih router yang memiliki banyak aliran. Anda dapat mengeceknya pada label yang menunjukkan jumlah aliran atau antenna yang dimilikinya.

 

  1. Sesuaikan bentuk antenna dengan posisi yang ditentukan

Antena router wireless memiliki dua jenis antena yakni jenis eksternal dan built in.

Jika Anda ingin memiliki leluasa dalam mengatut posisi antena sehingga dapat mengirimkan gelombang radio ke arah yang di inginkan, maka Anda dapat menggunakan antenna dengan jenis eksternal. Biasanya jenis antenna eksternal ini cocok untuk bangunan yang memiliki dua atau tiga lantai.

 

Nah sebaliknya jenis built in ini cocok untuk Anda yang ingin antenna simple. Karena ukurannya yang kecil dan tidak memiliki antenna, biasanya ditempatkan secara vertical atau horizontal, jadi Anda tidak perlu khawatir dalam penentuan posisi antenna. Jika Anda tinggal di bangunan satu lantai saja, misalnya apartment maka Anda cocok menggunakan router wireless dengan jenis antenna built in

  1. Disarankan untuk gunakan router wifi dengan standar komunikasi WI-Fi 5 dengan ditandai 11ac.

Artinya apa? Router wifi yang memiliki standar komunikasi yang baik akan  menentukan kecepatan koneksinya. Adapun standar yang paling banyak digunakan saat ini yaitu Wi-Fi 5 yang ditandai dengan label 11ac. Wi-fi 5 sangat kompatibel dengan sebagian besar terminal, dan menghasilkan komunikasi kecepatan internet yang cukup baik. Anda dapat streaming video dan bermain game online tanpa kendala. Sebenarnya saat ini sudah ada yang paling baru yakni standar Wi-Fi 6 (11ax) yang mana memiliki kecepatan koneksi 1,4 kali lipat dari Wi-Fi 5, karena mampu menghasilkan koneksi berkecepatan super. Namun terminal yang dapat menggunakan Wi-Fi 6 ini memiliki penetrasi yang rendah dengan perlu mengeluarkan biaya yang cukup fantastis.

 

  1. Memiliki teknologi dual band dan network standar

 Teknologi dual band dan network standar menjadi salah satu penilaian bagus dan tidaknya router wifi saat menangkap sinyal. Teknologi ini memiliki dua radio dalam menangkap sinyal, satu radio memiliki kecepatan 2,4 GHz, dan satunya  memiliki kapabilitas penangkapan sinyal sampai 5.0 GHz maksimal. yang akan digunakan, dengan hal tersebut. Dengan dua radio tersebut Anda dapat menikmati game online, transfer data dan streaming dengan koneksi internet yang lebih cepat. Kemudian, Standar network router saat ini adalah 8-2.11n. Ada pula pabrikan yang menjual router menggunakan standar lama 802.11ac. Sebaiknya Anda pilih network standar terbaru, karena selain kecepatannya lebih baik harganya pun lebih ekonomis.

  1. Pastikan Router wi-fi memiliki keamanan

Pengecekkan tingkat keamanan router wi-fi cukup penting untuk menghindari sesuatu yang tidak Anda inginkan. Misalnya adanya pemakaian secara illegal oleh non pengguna yang di izinkan yang menggunakan koneksi internet Anda, sehingga koneksi menjadi lebih lambat. Pastinyanya hal ini sangat mengganggu ya…

Beberapa fitur yang tersedia pada router wi-fi di antaranya adalah WPA, WEP, dan juga WPA2. Namun jika Anda mencari mana yang paling aman, maka jawabannya adalah router wi-fi dengan fitur WPA2.

Selain itu, jika Anda memiliki pengguna yang masih dibawah umur, maka disarankan untuk mencari router dengan fitur Parental Control yang bisa mengontrol dan memblokir IP dari konten yang melanggan kode etik bagi anak atau remaja di bawah umur.

 

Demikianlah, tips cara memilih router wi-fi untuk koneksi internet Anda. Jika ada hal yang ingin diketahui lebih, Anda dapat konsultasikan dengan provider internet Anda,

PadiNET memiliki jasa gratis untuk konsultasi kebutuhan internet maupun perangkat internet, dengan infokan lebih lanjut kebutuhan internet Anda, PadiNET akan berikan solusi yang tepat dan Anda dapat memiliki koneksi internet yang lancar dan didukung oleh support yang optimal dari PadiNET. Info lebih lanjut silahkan hubungi 031-5616330 atau email info@padi.net.id