Pengertian jenis dan kegunaan Bandwidth

September 24, 2021

definisi bandwidth

Di era digital saat ini, hampir setiap kalangan mengenal dan menggunakan internet sebagai kebutuhan esensialnya sehari-hari. Berbicara tentang internet, kita pasti sering mendengar kata “bandwidth”. Namun mungkin beberapa dari Anda masih awam untuk mengetahui apa itu bandwidth, berbeda halnya bagi anda yang sudah terbiasa atau bahkan terjun ke dunia informasi teknologi mungkin sudah sangat familiar. Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita bahas apa itu pengertian, jenis, kegunaan dan cara kerja bandwidth.

Apa itu pengertian bandwidth?

Di dunia internet, bandwidth adalah jumlah kapasitas maksimum suatu jalur komunikasi yang digunakan dalam mengirimkan data antara server serta client itu dalam hitungan bit per second (bps). Jumlah dari kapasitas bandwidth tersebut sangat berpengaruh terhadap kemampuan dari akses yang diberikan. Semakin besar angka bandwidth  maka dapat memberikan kemampuan transmisi data yang besar pula contohnya seperti audio file, video file, atau gambar.

Hal ini dapat diibaratkan bandwidth adalah pipa saluran air. Semakin besar diameter pipa, maka akan semakin besar pula volume air yang bisa melewati pipa tersebut di waktu yang bersamaan. Kecepatan air yang sampai ke ujung pipa akan berkurang jika di sepanjang jalur pipa ditambahkan cabang untuk mengarahkan air ke tujuan lain. Cabang-cabang ini adalah perangkat lain yang digunakan dalam satu saluran internet.

Apa saja jenis-jenis bandwidth?

Berdasarkan bentuk teknologinya, ada dua jenis bandwidth, yaitu analog dan digital.

  1. Bandwidth digital adalah bandwidth yang dapat memberikan informasi mengenai kapasitas yang ditunjukkan secara digital. Data tersebut bisa berupa kapasitas dalam sebuah saluran transmisi, baik menggunakan kabel maupun nirkabel, yang dihitung dalam satuan bit per detik (bps).
  2. Bandwidth analog adalah bandwidth yang yang menghitung berapa banyak informasi yang bisa ditransmisikan oleh sebuah jaringan dalam waktu tertentu. Bedanya dengan digital, jenis bandwidth yang satu ini menghitung data dalam satuan Hertz (Hz) atau siklus per detik.

Di sisi lain, terdapat dua kategori dalam pengaplikasian bandwidth secara umum, diantaranya :

  1. Bandwidth Download adalah sebuah batas kecepatan maksimal yang bisa didapatkan pada saat mengunduh file dengan menggunakan jaringan internet.
  1. Bandwidth Upload adalah sebuah batas kecepatan maksimal yang bisa didapatkan pada saat mengunggah fite dengan menggunakan jaringan internet.

Apa saja kegunaan bandwidth ?

Setelah mempelajari apa itu pengertian dan jenis bandwidth, mari lebih lanjut memahami kegunaan dari bandwidth. Bandwidth memiliki perang sangat penting dalam mengirimkan data. Berikut adalah beberapa kegunaan bandwidth yang perlu Anda ketahui

1.Bandwidth sebagai media mengirimkan data

Sebagaimana sudah dijelaskan pada pengertian bandwidth itu sendiri bahwa bandwidth memiliki peran penting dalam mengirim data dari lokasi satu ke lokasi lainnya.. Proses pengiriman data tersebut ditransmisikan melalui kabel LAN yang saling menghubungkan antara koneksi LAN dengan perangkat computer.

2.Bandwidth sebagai pembatas kecepatan transfer data

Bandwidth berperan dalam membatasi transfer data seperti halnya ketika terjadi permintaan pengiriman data yang besar yang mana dalam hal ini adalah aktifitas pengunduhan data. Bandwidth melakukan pembatasan pengiriman data sehingga distribusi data berjalan secara merata. Karena jika tidak dibatasi, pengguna lainnya akan mengalami kelambatan dalam mengirim data, bahkan tidak mendapatkan koneksi internet sama sekali. Ibaratnya, jika tidak dibatasi maka terjadi penyumbatan pada pipa  yang digunakan untuk mengalirkan air.

3.Bandwidth sebagai pembatas besaran data yang dikirim

Selain membatasi kecepatan dalam mentransfer data, bandwidth juga lakukan pembatasan data dalam kurun waktu tertentu. Hal ini berlaku untuk layanan hosting atau administrator jaringan.

Demikian adalah penjelasan terkait pengertian, jenis dan kegunaan dari bandwidth. Dengan Anda lebih mengetahui hal ini, Anda jadi lebih memahami jalan kerja internet itu sendiri, dan lebih kritis saat menentukan besaran bandwidth yang Anda butuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan internet dengan besaran bandwidth yang di inginkan, Anda dapat menghubungi 031-5616330 atau mengirim email info@padi.net.id