Definisi dan Cara Kerja API (Application Programming Interface)

September 23, 2021

definisi cara kerja API

Banyak komponen yang harus dikembangkan oleh application developer untuk membuat satu kesatuan aplikasi maupun website agar bisa berjalan dengan baik. Setiap komponen biasanya memiliki kemampuan yang mendukung komponen yang lain. Misalkan seperti komponen untuk manajemen database, pemrosesan data, interaksi tampilan user interface dengan data, dan banyak lagi yang lainnya. Komponen tersebut tentunya memiliki waktu pengerjaan yang berbeda-beda.

Apabila ada komponen yang bisa dimanfaatkan tanpa dibuat dari nol oleh application developer, tentunya akan sangat menghemat waktu pengerjaan. Salah satu komponen yang bisa dimanfaatkan dengan cepat adalah API.

Definisi API

API singkatan dari Application Programming Interface. API adalah tampilan yang berisi sekumpulan fungsi dan protokol untuk menghubungkan antara aplikasi satu dengan aplikasi yang lain. API ini menjadi perantara antar aplikasi yang berbeda yang bisa berjalan dalam satu platform ataupun lebih.

API disediakan oleh aplikasi lain dengan kemampuan yaitu memanfaatkan data maupun fitur yang mereka miliki tanpa kita harus mempunyai akses secara langsung pada aplikasi mereka.

Cara Kerja API

API ini ibarat seperti pelayan pada restoran. Saat di restoran, pengunjung memesan menu kepada pelayan yang kemudian pelayan menyampaikan pesanan tersebut kepada koki. Kemudian saat koki sudah selesai membuat pesanan, pesanan tersebut diberikan kepada pelayan untuk diberikan kepada pengunjung.

Sebagai contoh apabila dengan kasus website online store yang terintegrasi dengan API data tarif ekspedisi bisa digambarkan dengan urutan cara kerja API sebagai berikut  :

  1. Aplikasi mengakses API

Saat pengguna website membuka halaman pengiriman setelah berbelanja di website online store, aplikasi sudah mulai mengakses API. Untuk melakukan request data tentunya dibutuhkan parameter yang dikirimkan. Sebagai contoh jika pengguna memilih pengiriman dengan jangka waktu satu hari. Parameter waktu satu hari akan diteruskan sebagai request API.

 

  1. API melakukan request ke server

Saat parameter waktu dikirim, API melakukan request data ke server semua ekspedisi yang memiliki parameter pengiriman satu hari. Server ini merupakan server penyedia API yang terintegrasi pada aplikasi yang dimiliki oleh ekspedisi.

 

  1. Server memberi respon ke API

Setelah menerima request, server akan memberikan respon ke API. Jika parameter request sesuai dengan apa yang dimiliki server maka, server akan memberikan respon berupa data.

 

  1. API menyampaikan respon ke aplikasi

API yang sudah menerima data dari server kemudian mengirimnya dan menampilkan pada aplikasi. Maka pengunjung akan mendapatkan tampilan list nama ekspedisi dan tarifnya berdasarkan kategori waktu pengiriman barang satu hari.

 

Penggunaan API ini sangat membantu application developer untuk menyelesaikan aplikasi yang dibuat. Manfaat API ini bisa dirasakan oleh developer maupun aplikasi dan server yang dibuat oleh developer.

Developer tidak perlu lagi membuat database maupun mengupdate secara manual dari data ekspedisi beserta tarif dan parameter terkait lainnya. Hal ini juga meringankan beban server yang dimiliki oleh website online store, karena request dan response data dilakukan menggunakan API. Tentunya aplikasi yang dibuat pun akan terintegrasi secara otomatis dengan data yang diberikan oleh API.