5 Text Editor Gratis Untuk Pemrograman

September 17, 2021

text editor pemrograman

Text editor merupakan tools yang mempercepat pekerjaan yang dilakukan oleh programmer untuk melakukan coding. Orang-orang umumnya menggunakan text editor untuk pengolahan kata yaitu notepad maupun microsft word. Tetapi text editor yang khusus digunakan oleh programmer ternyata menjadi salah satu faktor yang sangat penting untuk menyelesaikan pemrograman.

Text editor adalah sebuah aplikasi yang digunakan oleh programmer untuk membuat maupun menyusun kode program. Text editor menjadi senjata andalan programmer untuk membangun dan mengubah fitur pada aplikasi yang dia kerjakan.

Pada dasarnya semua text editor programming memiliki fitur dasar yang sama yaitu highlight warna pada setiap detil kode program. Fitur tersebut tentunya sangat membantu programmer untuk membaca ulang setiap baris kode program untuk dikembangkan. Selain itu tentunya text editor memiliki fitur masing-masing dan juga kompatibilitas terhadap bahasa pemrograman tertentu.

Banyak sekali penyedia aplikasi text editor mulai dari yang gratis dan berbayar. Berikut 5 text editor gratis untuk pemrograman :

  1. Notepad++

Yang pertama adalah Notepad++. Walaupun namanya mirip dengan notepad biasa, tetapi fitur yang ditawarkan Notepad++ ini cukup banyak. Fitur yang cukup bermanfaat pada notepad++ yaitu shortcut customization, text shortening, dan auto completion. Selain itu, aplikasi ini cukup ringan sehingga tidak membebani komputer ataupun laptop saat dijalankan.

Situs resmi : https://notepad-plus-plus.org

Sistem operasi : Windows

 

  1. Sublime Text

Beranjak dari notepad++, sublime text mempunyai tampilan yang menarik. Sublime text memiliki tema yang dapat diubah-ubah sesuai keinginan penggunanya. Sublime text mempunyai fitur penambahan plugin yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Sublime text juga mempunya fitur yang bisa dinikmati secara berbayar yang tentunya tidak dimiliki pada versi yang gratis.

Situs resmi : https://sublimetext.com

Sistem Operasi : Linux, Mac OS dan Windows

 

  1. Visual Studio Code

Visual Studio Code merupakan text editor yang dibuat oleh Microsoft. VSCode (singkatan Visual Studio Code) ini menjadi salah satu text editor favorit para programmer saat ini. Pada VSCode terdapat fitur optimasi jendela file yang bisa diminimize untuk memperluas ruang untuk menyusun kode program. Ada pula fitur compare file sehingga bisa membuka dua file atau lebih yang berdampingan yang memudahkan untuk melihat dan membandingkan kode program yang lain. Selain itu, VSCode mempunyai konfigurasi yang bisa menghubungkan kode program dengan Git.

Situs resmi : https://code.visual.studio.com

Sistem Operasi : Linux, Mac OS dan Windows

 

  1. Komodo Edit

Komodo edit menjadi text editor yang bisa dijadikan alternatif dari sublime text. Komodo edit juga cukup ringan saat digunakan oleh penggunanya. Aplikasi text editor ini mendukung berbagai Bahasa pemrograman phyton, ruby, sql, html, css, php dan masih banyak Bahasa pemrograman lainnya.

Situs resmi : https://sublimetext.com

Sistem operasi : Linux, Mac OS dan Windows

 

  1. Atom

Atom menjadi pesaing dar sublime text dari segi tampilan. Tampilan atom juga menarik dan elegan. Aplikasi text editor ini mendukung banyak bahasa pemrograman. Atom merupakan web base technology desktop text editor yang dimana atom ini terbuat dari Bahasa pemrograman web yang berjalan di desktop. Atom juga memiliki fitur untuk mengubah Font maupun font size pada tampilan text editor seperti pada VSCode. Perlu diketahui bahwa banyaknya fitur atom juga menjadi konsekuensi bahwa atom memiliki resource yang besar untuk diinstall ke komputer maupun laptop.

Situs resmi : https://atom.io

Sistem operasi : Linux, Mac OS dan Windows

 

Masih ada banyak lagi text editor yang gratis dan memiliki fitur yang sangat membantu. Tentunya pemilihan editor harus disesuaikan dengan kebiasaan programmer maupun kebutuhan programmer.