404 Not Found dan Kode Error Pada Website

September 10, 2021

404 Not Found

Beberapa waktu yang lalu, sempat viral mural yang dilakukan di kota Tangerang dengan tulisan 404 Not Found yang juga diiringi raut muka wajah yang mirip bapak presiden Jokowi. Kalimat Jokowi 404 Not Found tentunya menjadi terkenal dan dicari oleh banyak orang di internet.

Di sisi lain, dalam dunia teknologi informasi, 404 Not Found merupakan kode error yang muncul di browser. Kode error browser selalu berjumlah tiga digit angka. Kode Error 404 merupakan salah satu kode dari status 4xx. Kode dengan status 4xx adalah status client error yang berarti web server mendeteksi bahwa request dari web client tidak memenuhi format standar. Hal tersebut menyebabkan request tidak bisa diproses lebih lanjut dan terhenti. Disaat itulah muncul pesan kode error pada browser.

Banyak sekali jenis kode error pada website. Selain error status 4xx, ada juga kode error dengan status 5xx yang juga sering muncul pada browser. Kode status 5xx adalah status server error yang berarti web server telah gagal memenuhi request dari web client karena ada faktor-faktor yang menghalangi.

Berikut kode detil error pada website dengan status 4xx dan status 5xx yang sering terjadi :

  • 400 – Bad Request

Kode Error 400 Bad Request adalah kesalahan umum yang didapatkan ketika server tidak dapat memahami request dari browser.  Error 400 bisa disebabkan oleh beberapa hal misalnya koneksi internet yang buruk, masalah cache browser, maupun browser itu sendiri yang sedang mengalami malfungsi.

 

  • 401 – Authorization Required

Kode Error 401 Authorization Required adalah kode error yang terjadi disebabkan karena percobaan mengakses website terentu yang ternyata membutuhkan user dan password.

 

  • 403 – Forbidden

Kode Error 403 Forbidden adalah kode error yang disebabkan karena mengakses website yang ternyata bersifat privat. Biasanya untuk bisa mengakses website ini diperlukan proses otorisasi maupun konfigurasi yang ditentukan oleh admin website.

 

  • 404 – Not Found

Kode Error 404 Not Found adalah kode error yang terjadi karena beberapa alasan. Bisa jadi internet yang digunakan sedang mengalami gangguan. Selain itu bisa disebabkan karena memang alamat website yang tertuju tidak terdaftar atau sudah habis masa berlakunya dari penyedia layanan domain.

 

  • 500 – Internal Server Error

Kode error 500 Internal Server Error adalah kode error yang berasal dari konfigurasi di akun hosting maupun konfigurasi akses pada file websitenya. Selain harus menghubungi pihak penyedia layanan hosting, pihak developer website harus mengecek ulang bagian konfigurasi pada website agar website bisa diakses.

 

  • 502 – Bad Gateway

Kode Error ini disebabkan oleh ketidakmampuan server untuk memenuhi request. Error ini mirip seperti pada Error 500 Internal Server Error. Ada beberapa konfigurasi yang harus dilakukan pengecekan baik dari pengembangan website maupun dari layanan hosting. Bisa jadi website mempunyai kesalahan pada query. Sedangkan dari sisi penyedia hosting mempunyai kendala pada pengaturan DNS.

 

  • 504 – Gateway Time-Out

Kode Error 504 Gateway Time-Out adalah kode error yang disebabkan oleh satu server yang tidak menerima respon yang tepat waktu dari server yang lainnya. Permasalahannya kemungkinan disebabkan server tersebut sedang down atau tidak berfungsi sama sekali.