Perbedaan Modem dan Router

Juli 13, 2021

perbedaan modem dan router

Seringkali kita mendengar tentang Router jika kita berada di lingkungan kerja yang berbasis teknologi informasi dan jaringan komputer. Banyak orang yang menganggap bahwa router dan modem itu device (barang) yang sama. Router sering kita anggap sebagai alat yang menghubungkan komputer kita ke jaringan dengan lingkup tertentu dan berbasis online. Benarkah? Lalu apakah Router sama dengan Modem? Sedangkan kita juga mengetahui bahwa modem menjadi alat yang dapat menghubungkan kita dengan jaringan internet?

Apa itu Modem?

Modem adalah suatu perangkat yang mengubah sinyal masuk dan keluar antara internet provider dengan perangkat elektronik misalnya komputer. Internet provider yang terhubung dengan layanan yang dihubungkan di modem menggunakan berbagai sinyal yaitu radio, listrik, satelit, serat optik dan lainnya. Sedangkan komputer menggunakan sinyal digital. Modem berfungsi untuk melakukan konversi pada masing-masing sinyal agar memungkinkan kedua perangkat tersebut bisa berkomunikasi. Proses konversi tersebut disebut Modulator Demodulator yang disingkat modem.

Modem ini ada yang menggunakan kabel maupun nirkabel (wireless) tergantung kebutuhan pemakaian. Modem mandiri hanya dapat menghubungkan satu perangkat ke internet pada suatu waktu.

Apa itu Router?

Router adalah suatu perangkat yang menghubungkan antara satu komputer dengan komputer yang lain, maupun menghubungkan suatu grup jaringan komputer dengan jaringan yang lain. Router saat ini juga sudah banyak yang menggunakan teknologi wireless. Sedangkan dulu router selalu menggunakan kabel LAN agar bisa terhubung.

Router mempunyai fitur mengatur IP Address pada setiap perangkat yang terhubung pada router tersebut. Misalkan perangkat laptop dan komputer terhubung pada router, maka akan bisa saling mengakses dan mengirimkan file tanpa terhubung ke internet. Fungsi router tersebut juga sebagai bridge dalam komunikasi antar perangkat.

Lalu bagaimana jika memerlukan lebih dari satu komputer untuk terhubung pada internet dengan satu perangkat yang terhubung ke internet?

Perbedaan Modem dengan Router

Perbedaan modem dengan router terletap pada router yang memiliki kemampuan menghubungkan komputer satu dengan yang lain bahkan menghubungkan pada jaringan yang lain. Modem sama sekali tidak memiliki kemampuan tersebut. Router juga memiliki fitur terhubung dengan modem. Sehingga semua komputer yang terhubung pada satu router bisa terhubung pada satu koneksi internet yang sama.

Namun saat ini sudah banyak router yang sudah tertanam modem didalamnya. Sehingga untuk terhubung pada koneksi internet hanya dibutuhkan satu router tanpa tambahan modem. Hal ini tentunya sangat efektif dari segi pengaturan konfigurasi maupun dari alokasi tempat dimana router tersebut akan diletakkan. Sehingga satu komputer pada satu ruangan tidak memerlukan modem masing-masing. Karena dengan menggunakan satu router, banyak komputer bisa terhubung ke satu koneksi internet yang sama. Tentunya ini juga sangat efektif dalam pengaturan koneksi internet karena hanya melakukan konfigurasi pada satu koneksi saja.