Sejarah Web Browser

Juni 11, 2021

sejarah web browser

Definisi dari web browser adalah suatu aplikasi atau perangkat lunak yang dipakai untuk mencari dan menampilkan berbagai informasi yang dijalankan dengan menggunakan jaringan internet. Saat ini kita sudah terbiasa menggunakan web browser sebut saja yang paling populer yaitu Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari dan banyak lagi yang lainnya. Pembeda dari web browser tersebut adalah dari segi performa maupun kompatibilitas pada perangkat yang digunakan oleh penggunanya. Tetapi apakah anda tau versi pertama dari web browser? Bagaimana sejarah web browser?

Tim Berners-Lee dikenal sebagai salah satu bapak teknologi dunia sudah menggunakan web browser tetapi belum terhubung ke jaringan internet. Kemudian Tim Berners-Lee menjadi penemu World Wide Web pada tahun 1991 di CERN. Bersamaan dengan itu juga diluncurkan web browser pertama di dunia dengan nama WorldWideWeb tanpa spasi. Saat itu browser tidak hanya mempunyai fitur menampilkan informasi tetapi juga sebagai editor untuk membuat website. Beberapa waktu kemudian pada tahun 1994 browser tersebut dinamakan Nexus Browser. Kemudian browser dikenal menjadi software dengan kebutuhan utama menampilkan informasi dan mengesampingkan fitur editor.

Kemudian perusahaan NCSA (National Center for Supercomputing Application) yang bergerak di bidang software design dimana Marc Andreessen dan Eric Bina bekerja sebagai programmer, membuat browser yang bernama Mosaic pada 1994. Mosaic ini adalah web browser pertama yang berhasil mengintegrasikan browser dengan multimedia yaitu teks dan gambar.

Pada perkembangannya, Marc Andreessen memandang bahwa Mosaic bisa dikembangkan lagi untuk menjadi aplikasi berbayar. Sedangkan nama Mosaic dianggap kurang menarik yang kemudian dia mendirikan perusahaan Netscape Communication dengan nama produk browser Netscape Navigator. Netscape Navigator kemudian berkembang dan berubah nama menjadi Netscape Communicator Suite pada tahun 1997. Kemudian namanya berubah menjadi SeaMonkey yang meliputi browser, email, HTML editor, IRC dan aplikasi pengembang web.

Di sisi lain, pada tahun 1995 Microsoft membeli lisensi Mosaic untuk pengembangan web browser Internet Explorer.

Perkembangan web browser semakin meningkat yang kemudian disusul oleh perusahaan lain dengan nama browser Opera (1995), Mozilla Firefox (2002), Safari (2003) dan Google Chrome (2008).