Kecerdasan Buatan yang Kita Gunakan Sehari-hari

Juni 09, 2021

kecerdasan buatan

Kecerdasan buatan bagi sebagian orang dianggap berupa mesin yang canggih yang juga mempunyai fitur yang canggih. Padahal ternyata hampir semua orang sudah pernah menggunakannya. Kecerdasan buatan atau artificial intelligence adalah suatu rekayasa perangkat lunak (software) yang dibuat untuk meyimpulkan data sampai pada membuat keputusan. Data ini bisa berupa banyak hal, misalkan data kata-kata, pengenalan wajah bahkan bisa berkolaborasi dengan mesin yang disebut Internet of Things.

Sadar atau tidak, sebelum Internet of Things mulai masuk di pasar smarthome, ternyata kecerdasan buatan sudah sering kita gunakan sehari hari. Berikut beberapa hal yang kita lakukan berkali-kali dengan fitur kecerdasan buatan di dalamnya.

  1. Media Sosial

Saat kita menggunakan media sosial seperti Instagram, ada beberapa aktifitas yang bisa kita lakukan yaitu like, comment, share, save maupun search. Jika kita melakukan like pada postingan tertentu misalkan dengan tema teknologi, maka di halaman search kita akan sering muncul postingan tentang teknologi meskipun akun pemilik postingan tersebut tidak kita follow. Contoh selanjutnya yaitu pada Youtube. Jika kita sering menonton podcast maka akan muncul video podcast rekomendasi dari Youtube untuk kita. Kecerdasan buatan disini bekerja dengan cara mengumpulkan aktifitas kita yaitu postingan apa yang sering kita buka.

 

  1. Selfie Camera

Apabila kita menggunakan selfie kamera pada smartphone sering muncul tanda kotak di kamera yang menandai wajah kita. Saat proses tersebut berlangsung, kecerdasan buatan bekerja dengan cara membaca lekuk wajah kita maupun seberapa terang cahaya yang ada pada wajah kita. Kemudian kamera smartphone bisa menambah maupun mengurangi cahaya pada wajah sesuai dengan fitur yang tersedia. Pada sebagian smartphone, saat membuka kamera selfie kita bisa mengetahui prediksi umur sesuai pendeteksi pada wajah.

 

  1. Global Positioning System (GPS)

Penerapan kecerdasan buatan pada GPS yaitu saat kita akan menentukan tujuan perjalanan kita, aplikasi akan selalu memberikan rekomendasi rute terpendek menuju lokasi tujuan tersebut. Selain itu aplikasi juga akan memberikan rute alternatif lain yang juga memberikan estimasi waktu perjalanan yang akan ditempuh.