Cara Periksa Kebocoran Data Pribadi di Internet

Juni 04, 2021

cara periksa kebocoran data pribadi di internet

Beberapa waktu terakhir ini ada kabar heboh yang berawal dari Raid Forum yang merupakan forum online, menawarkan data pribadi peserta BPJS Kesehatan. Walaupun keaslian data tersebut masih dipertanyakan dan perlu investigasi lebih lanjut, pemerintah langsung memblokir Raid Forum maupun website-website yang terkait yang digunakan untuk menyebarkan data tersebut. Dilaporkan ada 297 juta data warga Indonesia yang ditawarkan di forum online tersebut.

Banyak sekali hal yang bisa dimanfaatkan ketika seseorang ataupun suatu pihak memperoleh data pribadi. Data pribadi biasanya meliputi nama lengkap, username dan password di website tertentu, alamat, bahkan nomor ponsel. Pihak tersebut bisa menggunakan akun online kita bahkan sampai melakukan pinjaman uang online.

Apabila ada aktifitas pada akun online kita yang tidak wajar, maka hal yang paling utama adalah segera mengganti password mapun username kita. Biasanya hal ini terjadi pada akun e-commerce kita. Lalu bagaimana jika kita ingin tau apakah akun kita aman? Berikut cara periksa kebocoran data pribadi di internet

  1. Periksadata.com

Website ini memerlukan input email anda. Email yang diinputkan ini yaitu email yang anda daftarkan menjadi akun apapun di media online. Ketika anda sudah menginputkan email kemudian anda akan menerima informasi di website mana saja ketika akun email tersebut terjadi kebocoran. Data juga lengkap beserta tanggal kejadian maupun data pribadi apa saja yang bocor.

  1. Avast Hack Check

Fitur ini bisa digunakan untuk melakukan pengecekan kebocoran yang juga menggunakan email anda. Perbedaannya hasil informasi akan dikirimkan ke email anda yaitu ke email yang ingin anda cek status kebocorannya di internet. Tentunya ini akan melindungi privasi informasi hasil pengecekan. Fitur ini bisa diakses melalui https://www.avast.com/hackcheck.

  1. Firefox Monitor

Firefox yang sudah kita kenal sebagai browser handal, ternyata menyediakan pengecekan kebocoran data. Data yang harus diinputkan juga sama yaitu alamat email anda. Layanan ini bisa diakses di https://monitor.firefox.com/. Selain itu, layanan ini juga menawarkan notifikasi realtime apabila anda menginginkan pemberitahuan saat terjadi kebocoran data pribadi anda. Fitur ini bisa didapatkan dengan melakukan registrasi di firefox.com.