Perbedaan 4G dan 5G

Juni 03, 2021

Perbedaan 4G dan 5G

Jaringan 5G sudah tersedia di beberapa kota  di Indonesia. Kota yang terpilih yaitu di Jakarta, Medan, Batam, Bandung, Balikpapan, Solo, Surabaya, Makassar dan Denpasar.  Tentunya teknologi 5G unggul diatas 4G yang kita gunakan selama ini. Tetapi hal apa saja yang membuat 5G begitu ditunggu dan kemudian dianggap peningkatan yang pesat dalam dunia teknologi? Lalu, apa perbedaan 4G dan 5G?

Pita frekuensi radio yang digunakan oleh jaringan 5G lebih luas daripada jaringan 4G. Ini salah satu faktor bagaimana cepatnya komunikasi maupun waktu respon perangkat dengan pemancar atau BTS (Base Transceiver Station). Selain kecepatan, pembangunan BTS juga akan semakin sedikit jumlahnya. Dikutip dari bisnis.com, cakupan BTS bisa mencapai radius tiga kilometer pada frekuensi radio 2.3 Ghz dibandingkan frekuensi 28 Ghz yang hanya dua ratus meter.

Kecepatan internet 5G diklaim mampu sampai diatas 1 Gbps. Kecepatan rata-rata jaringan 5G ada pada angka 500 Mbps. Kecepatan tersebut sepuluh kali lipat lebih cepat dibandingkan dengan kecepatan 4G pada angka rata-rata 49-60 Mbps.

Ketersediaan maupun lokasi area 5G menjadi salah satu kelemahannya saat ini. Hanya beberapa spot tertentu yang bisa menikmati layanan jaringan 5G. Terlebih lagi pembangunan infrastruktur yang belum merata dibandingkan 4G, membuat jaringan 5G masih belum bisa dinikmati oleh semua orang. Selain itu, pemilihan pita frekuensi radio saat yang dipilih oleh penyedia komersil layanan internet 5G di Indonesia masih hanya di frekuensi 2.3 Ghz. Hal tersebut menjadi salah satu faktor kenapa tidak semua smartphone 5G bisa menikmati jaringan 5G.

Berikut deretan smartphone 5G yang bisa digunakan untuk menikmati layanan internet 5G yaitu Samsung Galaxy A32 5G,  Samsung Galaxy S21 5G, Samsung Galaxy S21+ 5G, Samsung Galaxy S21 Ultra 5G, OPPO Reno 5 5G. OPPO A74 5G, Vivo V21 5G.