5G Hadir di Indonesia

Mei 28, 2021

5G di Indonesia

Akhirnya jaringan 5G tersedia di negeri kita. Terhitung tujuh tahun sejak pertama kali jaringan 4G diluncurkan yaitu sekitar tahun 2014. Telkomsel menjadi operator seluler pertama di indonesia yang menggelar komerisal layanan jaringan 5G. Meski begitu ternyata belum semua belahan Indonesia bisa menikmati jaringan 5G. Pembangunan jaringan 5G akan dilakukan secara bertahap.

Untuk saat ini jaringan 5G di Indonesia tersedia di beberapa kota yaitu di Jakarta, Medan, Batam, Bandung, Balikpapan, Solo, Surabaya, Makassar dan Denpasar. Meski ada di kota-kota tersebut, tidak seluruh kota bisa menjangkau spot jaringan 5G.

Di Jakarta, jaringan 5G siap di beberapa spot redisensial yang dianggap memiliki aktifitas bisnis yang tinggi. Di wilayah Jakarta Utara, jaringan 5G sudah hadir di Pantai Indah Kapuk. Pantai Indah Kapuk dikenal sebagai kawasan pemukiman elit dan wisata kuliner. Selain di PIK, daerah Kelapa Gading sudah tersedia juga, yang dikenal sebagai kawasan pusat bisnis, perumahan elit dan wisata kuliner. Untuk kawasan Jakarta Selatan, terpilih Pondok Indah yang dikenal sebagai daerah pemukiman mewah kelas atas. Kemudian disusul Widya Chandra menjadi kawasan yang merupakan komples perumahan menteri juga sudah bisa menikmati layanan jaringan 5G.

Dua kawasan selanjutnya terletak di Tangerang Selatan. Kawasan itu adalah BSD dan Alam Sutera. Dua kawasan tersebut  dikenal dengan perkotaan mandiri yang juga termasuk pusat ekonomi dan bisnis dan fasilitas infrastruktur yang lengkap. Kawasan ini sudah bisa memanfaatkan jaringan 5G.

Jaringan 5G sudah dapat dinikmati di semua kawasan tersebut per tanggal 27 Mei 2021 secara serentak. Jaringan 5G ini menawarkan layanan internet yang jauh lebih cepat yang diklaim mempunyai kecepatan internet diatas 1Gbps yaitu sekitar 10 kali lebih cepat dibandingkan teknologi jaringan 4G.