Trik Mempercepat Download Pada Laptop

Mei 21, 2021

Trik Mempercepat Download Pada Laptop

Download file merupakan salah satu aktifitas saat perangkat kita terhubung dengan internet. Walaupun saat ini smartphone menjadi dominasi perangkat yang mudah untuk melakukan segala sesuatu yang terhubung internet, tidak sedikit pula yang masih menggunakan komputer maupun laptop. Laptop dianggap memiliki layar yang besar yang masih bisa memenuhi kepuasan dalam melakukan pengecekan dokumen bahkan memutar video. Tetapi untuk melakukan download sering kali pengguna mengeluhkan kecepatan download yang lambat.

Ada berbagai faktor penyebab download sering terasa kurang optimal dalam hal kecepatan. Berikut trik mempercepat download pada laptop :

  1. Mendownload File Satu Per Satu

Proses Download akan terasa sangat lambat ketika laptop mendownload file secara bersamaan. Apalagi jika ukuran file nya sangat besar yaitu dengan ukuran gigabyte. Perlu dipilih prioritas file yang mana dulu yang harus didownload, sedangkan file yang lain bisa dipause pada proses downloadnya. Jika dilakukan satu per satu, proses download file akan selesai lebih cepat.

  1. Pastikan Server Download Bagus

Pilihan server menjadi salah satu hal yang penting. Beberapa server membatasi maksimal kecepatan download yang dilakukan oleh pengguna. Walaupun koneksi yang kita pakai misalkan punya kecepatan maksimal 10 Mbps, sedangkan server download membatasi maksimal 1 Mbps, maka kecepatan download juga akan menyesuaikan server. Server seperti ini biasanya menyediakan fitur berlangganan premium agar dapat memperoleh kecepatan download yang maksimal.

  1. Gunakan Aplikasi Download Manager

Sebagian aplikasi download manager menawarkan untuk meningkatkan kecepatan download. Selain itu juga bisa memanfaatkan fitur Pause maupun Resume serta menjadwalkan urutan download sesuai keinginnan pengguna.

  1. Cek Koneksi dan Paket Internet

Banyak sekali paket internet yang ditawarkan oleh penyedia masing-masing saat ini. Tetapi paketan tersebut menawarkan paket internet dengan kecepatan yang bisa sesuai dengan aktifitas yang dilakukan. Tentunya harga paket internet sepadan dengan layanan maupun keunggulan yang akan didapatkan. Hal ini akan semakin mendukung kecepatan download file yang dilakukan oleh pengguna di setiap harinya.