Pengertian Internet of Things dan Manfaatnya

Mei 20, 2021

pengertian internet of things (iot) dan manfaat

Internet menjadi hal yang tidak bisa kita lepaskan dalam kehidupan sehari-hari. Sejak pandemi, hampir semua aktifitas menggunakan internet. Yang paling utama adalah memanfaatkan internet dengan smartphone untuk mencari berbagai informasi maupun hiburan. Tapi bayangkan smartphone anda dengan koneksi internet bisa mengontrol barang-barang yang ada di sekitar anda?

 

Apa itu Internet of Things?

Internet of Things adalah perangkat yang bisa dikendalikan lewat internet. IoT berawal dari konsep machine learning dan kecerdasan buatan. Pertama kali konsep ini dilakukan oleh John Romkey yang menghubungkan pemanggang roti ke komputernya. Tentunya hal ini sangat bermanfaat dari segi monitoring informasi yaitu informasi kapan pemanggang roti itu mulai prosesnya yang tentu kemudian bisa didapatkan informasi kapan roti sudah selesai dan siap untuk disantap. Tetapi istilah Internet of Things kemudian baru dikenalkan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999.

Cara Kerja Internet of Things

Secara umum perangkat yang bisa dikendalikan sudah memiliki komponen yang digunakan untuk menyimpan informasi untuk perangkat itu sendiri. Kemudian komponen tersebut bisa mengirimkannya lewat koneksi internet. Pastinya perangkat tersebut sudah memiliki kemampuan untuk terkoneksi pada wireless internet atau wifi. Setiap perangkat mempunyai identitas berbeda-beda walaupun barangnya secara kasat mata sama persis. Identitas inilah yang nantinya bisa dikenali oleh smartphone untuk bisa dikontrol kapanpun selama terhubung pada internet.

Perangkat yang dibekali IoT dan manfaatnya

Perangkat yang umum digunakan adalah smart lamp. Beberapa merek menyediakan smart lamp dengan fitur RGB (Red Green Blue) dimana bisa dipilih melalui smartphone yang sudah terkoneksi pada internet maupun identitas smart lamp tersebut. Selain itu smart plug yang menjadi stop kontak cerdas yang bisa dikontrol. Beberapa perangkat yang ada dirumah yang bisa dikontrol diantaranya adalah smartlock untuk pintu maupun air conditioning (AC). Banyak sekali hal yang bisa kita manfaatkan dengan smart things ini. Misalnya anda sedang bepergian keluar rumah sedangkan anda luma mengecek semua benda yang ada dirumah apakah sudah dalam kondisi dimatikan maupun pintu rumah sudah terkunci. Dengan menggunakan aplikasi yang ada di smartphone, lampu maupun AC bahkan pintu rumah bisa dikontrol dari jarak jauh selama smartphone mempunyai koneksi internet. Keseluruhan smart things yang terkumpul di dalam rumah itu bisa disebut sebagai sistem smart home.