Tips Penempatan Router WIFi agar Sinyal Lancar

Mei 11, 2021

tips penempatan router wifi agar sinyal lancar

Sering kali kita mengeluh sinyal wifi yang buruk. Selain faktor dari kecepatan internet dari provider, ternyata penempatan router wifi sangat berpengaruh. Meletakkan di sisi ruangan tertentu ternyata membuat sinyal WIFI tidak optimal. Karena router wifi ternyata mempunyai daya hantar yang cukup dipengaruhi oleh barang-barang yang ada disekitarnya. Berikut tips penempatan router wifi agar sinyal lancer dan mendukung aktifitas anda.

  1. Letakkan router di tengah ruangan

Banyak orang yang menempatkan router di sudut ruangan maupun di dekat stop kontak. Sedangkan di posisi itu banyak sekali barang-barang yang lainnya. Barang-barang tersebut bisa memperlambat bahkan menyerap sinyal. Selain itu tembok ternyata juga mampu menyerap sinyal. Karena itu meletakkan router di sudut ruangan hanya akan menciptakan dead zone.

  1. Jauhkan dari microwave

Microwave menggunakan sinyal elektromagnetik untuk memanaskan makanan. Sinyal microwave  membuat kecepatan internet akan turun drastis.

  1. Letakkan di tempat yang tinggi

Semakin tinggi tempat penempatan router akan semakin bagus. Posisi tersebut membuat sinyal akan tersebar dengan baik. Sehingga kemungkinan untuk mendapatkan sinyal di seluruh sudut ruangan akan lebih besar.

Demikian tips penempatan router wifi agar sinyal lebih lancar. Ada beberapa faktor lain yang juga mempengaruhi daya pancar sinyal yaitu diantaranya usia perangkat, kondisi perangkat, maupun kecepatan internet untuk keperluan yang anda butuhkan. Anda bisa berkonsultasi pada tim internet service provider untuk mencari solusinya.