Lebih Cepat WIFI atau Kabel LAN ?

Mei 10, 2021

lebih cepat wifi atau kabel lan

Internet WIFI saat ini lebih familiar disebutkan oleh semua kalangan baik muda maupun tua. Internet identic memancarkan sinyal yang bersifat wireless. Kemudahan ini tentunya sangat bermanfaat bagi pengguna smartphone. Tapi bagaimana jika digunakan untuk lingkungan professional yang masih menggunakan computer maupun laptop? Apakah WiFi lebih cepat dari kabel LAN?

Kelebihan WIFI yaitu dari segi mobilitas pengguna. Semua laptop sudah menggunakan teknologi Wifi agar bisa terhubung dengan mudah dan tidak terpaku di satu tempat. Kemudahan ini sangat bermanfaat bagi para pengguna yang suka berpindah-pindah tempat saat melakukan aktifitasnya bersama laptop tersebut. Kelemahan pengguna WIFI adalah jarak antara pengguna dan pemancar sinyal wifi ( wifi router ) sangat berpengaruh terhadap kualitas akses itu sendiri. Jika pengguna terlalu jauh jaraknya dari router wifi, maka koneksi internet pun bisa putus sambung.

Kelebihan kabel LAN yaitu dari stabilnya koneksi internet. Kecil kemungkinan terjadinya internet putus sambung. Koneksi menggunakan kabel LAN biasanya diandalkan oleh pengguna dengan akses data yang tinggi misalkan karwayan kantoran dan gamers. Gamers biasanya memerlukan akses grafis tinggi dan real time demi permainan yang kompetitif maka kabel LAN akan sangat mendukung apalagi menggunakan komputer. Sedangkan kelemahannya menggunakan kabel LAN yaitu pengguna tidak bisa berpindah-pindah tempat. Karena terbatas pada panjangnya kabel LAN. Sebagian laptop pun saat ini mulai meniadakan port Ethernet untuk kabel LAN karena demi desain fisik maupun demi memangkas bobot laptop.

Maka bisa disimpulkan bahwa kabel LAN lebih cepat dan stabil dibandingkan koneksi wifi. Meskipun masing-masing tetap memiliki kelebihan dan kekurangan di hal lainnya.

Anda termasuk pengguna tipe mana?