5 Bapak Teknologi Dunia

Mei 07, 2021

bapak teknologi dunia

Teknologi yang saat ini kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari ternyata punya sejarah dari orang-orang yang hebat dan benar-benar menekuni di bidang kecerdasan buatan dan teknologi. Kita bisa sebut mereka sebagai Bapak Teknologi Dunia. Sejak tahun 780M, dimulai oleh Al Khawarizmi yang menyempurnakan Aljabar yang menjadi dasar kekuatan ilmu matematika sampai pada pemanfaatan secara canggih menggunakan komputer pertama kali oleh Alan Turing. Disusul oleh pengembang perangkat oleh Bill Gates dan Linus Trovald. Dan semakin disempurnakan dengan teknologi World Wide Web oleh Tim Bernes-lee yang bisa kita manfaatkan dalam dunia Internet yang kita gunakan saat ini. Berikut 5 Bapak Teknologi Dunia :

  1. Al Khawarizmi

Tokoh yang disebut bapak Aljabar ini menjadikan Al Khawarizmi seorang ilmuwan dalam sejarah matematika. Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa Al Khawarizmi nama lengkapnya, yang lahir pada tahun 780M. Keseriusan dari Al Khawarizmi dalam mengadopsi ilmu-ilmu pengetahuan dari banyak negara, membuatntya bisa melahirkan banyak karya. Salah satu judul bukunya adalah Al-kitab al-mukhtasar fi hisab al-jabr wa’tmuqabala (The Compendious Book on Calculation by Completion and Balancing), menjadi pondasi penting dalam aljabar di era modern.

Saat Al Khawarizmi menyempurnakan karya Diophantus dari Yunani, Al Khawarizmi menemukan banyak permasalahan yang cukup sulit. Dari situlah Al Khawarizmi  memperbaiki dan menyempurnakan Aljabar. Ia mengembangkan table trigonometri yang mencakup fungsi sinus, cosinus, tangen, kotangen dan konsep diferensiasi.

  1. Alan Turing

Pria kelahiran Inggris pada 7 Juni 1912 ini adalah orang pertama yang berfikir bahwa komputer bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan dan menjalankan berbagai program. Dia menciptakan mesin Turing yang diambil dari namanya sendiri, dimana mesin tersebut dapat menjalankan sekumpulan perintah.

Pada tahun 1949, Alan Turing memimpin laboratorium komputasi di Manchester University. Saat itu dia mengembangkan sebuah mesin yang membantu untuk membentuk dasar-dasar pada bidang kecerdasan buatan.

  1. Bill Gates

Bill Gates sudah terkenal sebagai bagian penting dari suksesnya Microsoft. Bill Gates lahir di Washington pada 28 Oktober 1955. Saat Bill Gates lulus dari Lakeside School pada tahun 1973, ia mengikuti tes standar untuk penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi di Amerika. Bill Gates mendapatkan nilai yang sangat tinggi yang akhirnya dia berhasil masuk ke Harvard College. Pada 1975, perusahaan teknologi MITS meluncurkan computer pertama yaitu Altair 880. Presiden MITS memberikan kesempatan kepada Bill Gates untuk mengembangkan penerjemah BASIC pada emulator Altair untuk beroperasi di sebuah mini komputer. Bill Gates berhasil membuatnya dan menjalin kesepakatan dengan MITS untuk mendistribusikan penerjemah ini dengan nama Altair BASIC.

Untuk keperluan proyek tersebut, Paul Allen yang merupakan rekan Bill Gates di Harvard University dipekerjakan di MITS. Bill Gates memutuskan untuk absen dari Harvard untuk bekerja bersama Allen pada November 1975. Mereka membuat perusahaan kemitraan dan memberinya nama “Micro-soft”.

  1. Linus Torvalds

Pria bernama lengkap Linus Benedict Trovalds yang lahir di Finlandia 28 Desember 1969 ini adalah rekayasawan perangkat lunak yang merintis Kernel Linux. Linux terinspirasi dari Minux (sistem operasi yang dikembangkan oleh Andrew S Tanenbaumuntuk mengembangkan system operasi yang mirip unix yang dapat dijalankan pada sebuah PC  Saat ini Linux yang ia buat menjadi sistem operasi paling menjanjikan, yang bisa dibenamkan ke dalam server, komputer desktop, tablet PC, PDA, ponsel, GPS, robot, mobil hingga pesawat ulang alik buatan NASA.

  1. Tim Bernes-lee

Penemu World Wide Web ini bernama lengkap Sir Timothy John “Tim” Berners-Lee yang lahir di Inggris pada 8 Juni 1955. Pada 1980, ketika masih seorang kontraktor bebas di CERN, Berners-Lee mengajukan sebuah proyek yang berbasiskan konsep hiperteks (hypertext) untuk memfasilitasi pembagian dan pembaharuan informasi di antara para peneliti. Dengan bantuan dari Robert Cailliau dia menciptakan sistem prototipe bernama Enquire.

Setelah meninggalkan CERN untuk bekerja di John Poole's Image Computer Systems Ltd, dia kembali pada 1984 sebagai seorang rekan peneliti. Dia menggunakan ide yang mirip yang telah dia gunakan pada Enquire untuk menciptakan World Wide Web, di mana dia mendesain dan membangun browser yang pertama d pertama (bernama  World  Wide Web dan dikembangkan dalam NeXTSTEP) dan server web pertama yang bernama httpd.

Situs web pertama yang dibuat Berners-Lee (dan oleh karena itu ia juga merupakan situs web pertama) beralamat di http://info.cern.ch/ dan dimasukkan online untuk pertama kalinya pada 6 Agustus 1991.