5 Merek Perangkat Jaringan Terpopuler

April 29, 2021

Merek Perangkat Jaringan Terpopuler

Pemeliharaan jaringan menjadi hal yang sangat utama saat ini. Karena aktifitas internet yang tinggi dari semua pengguna. Koneksi internet maupun intranet yang stabil harus diimbangi dengan perangkat dengan kualitas yang baik pula. Perangkat tersebut meliputi kabel jaringan, router, access point dan banyak lagi yang lainnya. Saat ini ada banyak merek perangkat jaringan terpopuler. Disamping dari segi kualitas produk, fitur dan kemampuan yang dimiliki produk memiliki sejarah panjang sampai bisa diandalkan seperti saat ini. Berikut 5 merek perangkat jaringan terpopuler.

 

  1. Cisco

Nama cisco diambil dari nama kota yaitu San Fransisco. Sekitar awal 1980an ada dua orang Len dan Sandy Bosack yang merupakan sepasang suami istri, sedang menghadapi masalah dalam membuat komputer agar bisa berkomunikasi satu sama lain. Sepasang suami istri yang saat itu bekerja di departemen komputer yang berbeda di Stanford University, akhirnya membuat sebuah server gateway yang berfungsi agar dua departemen tersebut bisa bisa berkomunikasi dengan bantuan protokol IP.

Mereka mendirikan cisco System (dengan c kecil) pada tahun 1984, memiliki gateway komersial kecil yang menjadi sebuah revolusi dalam dunia networking. Nama perusahaan diubah menjadi Cisco Systems Inc pada tahun 1992.

Cisco dianggap menjadi pelopor maupu solusi terbaik pada bidang internet jaringan. Produknya mengarah demi kemudahan dalam mengakses maupun transfer data bahkan pada platform yang berbeda. Hal ini menjadikan Cisco merek perangkat jaringan terpopuler.

  1. D-Link

Sebelum menjadi perusahaan yang bernama D-Link Corporation seperti saat ini, awalnya D-Link mempunyai nama Datex System Inc yang berdiri pada 1988. Mereka meluncurkan sistem operasi jarinan LANSmart yang bekerja dengan cara peer-to-peer pertama di industry jaringan saat itu. Di saat yang sama sudah ada terlebih dulu system jaringan seperti Novell’s NetWare dan TCP/IP, tetapi sistem operasi dari Datex System lebih unggul.

 

Datex System Inc mengubah nama menjadi D-Link Corporation pada tahun 1994, dan saat itu menjadi perusahaan jaringan pertama di Bursa Efek Taiwan.

D-Link Corporation memiliki banyak prestasi. Salah satunya yaitu pada tahun 2007, D-Link merilis salah salah satu router wifi 802.11n draft 2.0 yang tersertifikasi Wi-Fi pertama dan paling sukses. D-Link menjadi merek perangkat jaringan terpopuler dengan puncak prestasinya yaitu pada April 2019, D-Link dinobatkan sebagai “Gartner Peer Insight Customers’ Choice for Wired and Wireless LAN Access Infrastructure”.

 

  1. TP-Link

Zhao Jianjun dan Zhao Jiaxing mendirikan TP-Link pada tahun 1996. Dua bersaudara tersebut terinspirasi dari konsep “twisted pair link” yang digagas oleh Alexander Graham Bell. Konsep tersebut mengacu pada kabel yang bisa mengurangi interferensi elektromagnetik, oleh karena itu disebut “TP” dalam nama perusahaan. TP-Link mempunyai lokasi baru pada 2007 di Taman Industri Teknologi Tinggi Shenzen. Selain itu TP-Link membuat kantor di USA pada tahun 2008.

TP-Link menjadi merek perangkat jaringan terpopuler apalagi pada tahun 2016, TP-Link terjun pada teknologi smarthome atau rumah pintar. TP-Link membuat logo baru dengan slogan “Reliably Smart”.

Pada 30 September 2019, TP-Link meluncurkan produk Tapo dengan salah satu macamnya adalah mini smart Wi-Fi Plug - Tapo P100. Steker pintar bekerja melalui koneksi nirkabel 2,4 GHz yang terintegrasi dengan Amazon Alexa dan Google Assistant. Selain itu Tapo juga memiliki seri pada smart camera.

 

  1. Mikrotik

MikroTik adalah produsen peralatan jaringan Latvia yang berdiri pada 1996. Perusahaan ini mempunyai produk yang meliputi router, jaringan kabel, nirkabel, sakelar jaringan, network routers, network switches dan access points. Mikrotik menjadi perusahaan terbesar ke 20 di Latvia dengan total pendapatan yang dilaporkan sebesar 202 Jute Euro pada tahun 2015. Perusahaan ini telah membentuk penjualan dan pelatihan sertifikasi secara global. Produk Mikrotik telah ada di market jaringan yang merata di seluruh dunia, karena itu Mikrotik menjadi salah satu merek perangkat jaringan terpopuler. Selain itu, Mikrotik juga terkenal dalam program DIY (Do It Yourself) untuk jaringan dengan biaya yang ekonomis.

 

  1. Ubiquiti

Ubiquiti Inc didirikan pada tahun 2005. Pertama kali didirikan, lokasi Ubiquiti ada di San Jose – California, sedangkan saat ini kantornya berpusat di New York. Ubiquiti menjadi produsen bidang komunikasi wireless maupun wired.

Beberapa brand yang diproduksi oleh Ubiquiti adalah UniFi, AmpliFi, EdgeMax, UISP, AirMax, AirFiber, GigaBeam dan UFiber. Brand yang paling umum adalah UniFi yang berfokus pada jaringan kabel dan nirkabel rumah dan bisnis. AirMax menjadi produk yang didedikasikan untuk membuat hubungan point-to-point (PTP) dan point-to-multi-point (PtMP) antar jaringan. AirFiber dan UFiber masing-masing digunakan oleh Penyedia Layanan Internet Nirkabel (WISP), dan Penyedia Layanan Internet (ISP). Karena itu Ubiquiti menjadi merek perangkat jaringan terpopuler.