Kenapa Harus Menggunakan Password Manager?

April 16, 2021

password manager

Password manager adalah aplikasi yang digunakan untuk menyimpan data user login password anda. Saat ini masih jarang yang menggunakan password manager. Sebagian orang mungkin merasa tidak perlu karena menyepelekan tingkat keamanan maupun penyimpanan password. Sedangkan saat ini dimana hampir semua aktifitas dilakukan secara digital, password manager bisa menjadi aplikasi yang sangat membantu. Setiap website, sosial media, ecommerce bahkan internet banking, selalu meminta pengguna untuk melakukan registrasi. Bayangkan jika harus membuat password yang berbeda di setiap akun yang didaftarkan. Sebagian orang akan mudah lupa jika mempunyai banyak password yang membuat kesulitan jika harus kembali login di setiap akun aplikasi.

Password manager menjadi jenis aplikasi yang memudahkan anda membuat password dan membantu untuk mengingatnya. Dalam menggunakan password manager, anda butuh satu password yang menurut anda unik yang akan digunakan untuk mengunci aplikasi password manager tersebut. Password Manager tersedia di desktop maupun pada smartphone. Karena aktifitas digital memang selalu dilakukan di dua perangkat tersebut.

Berikut manfaat dan kegunaan aplikasi Password Manager.

  1. Membuat password yang aman

Seringkali kita bingung membuat kombinasi huruf dan angka apa saja yang akan kita pakai sebagai password. Sebagian orang memutuskan untuk menggunakan tanggal lahir sebagai password. Padahal password tersebut mudah sekali ditebak sehingga level keamanan pun rendah. Password manager bisa membantu untuk menghasilkan rekomendasi password dengan kombinasi yang kompleks. Hal ini akan membuat password sulit ditebak dan semakin terhindar dari para hacker.

  1. Menghindari password yang sama pada akun yang berbeda

Setiap orang pasti mempunyai lebih dari satu akun dimanapun yang menggunakan password. Misalkan email dan sosial media yang bermacam-macam. Sedangkan untuk meningkatkan keamanan, anda disarankan untuk membuat password yang berbeda di setiap akun. Jika menggunakan password yang sama di semua akun kemudian satu password telah berhasil diketahui, maka akun lainnya juga ikut terancam keamanannya. Password manager sangat bisa membantu menyimpan setiap data akun beserta nama pengguna dan passwordnya.  Maka anda tidak perlu menghafal setiap password pada setiap akun yang anda miliki.