Mengenal Perbedaan Mbps dan MBps pada Kecepatan Internet

April 14, 2021

kecepatan internet Mbps MBps

Hampir semua orang ketika mempunyai kebutuhan pemasangan internet pasti melihat dari segi kecepatan dan harga. Dimana harga sangat bersaing dan cukup sepadan dengan kecepatan internet yang ditawarkan. Kecepatan internet mempunyai satuan Mbps. Misalkan anda menggunakan Padinet dengan kecepatan 10 Mbps. Saat anda menggunakan aplikasi download contohnya IDM (Internet Download Manager) kecepatan yang tertera hanya 1.25 MBps. Kenapa bisa seperti itu?

Mbps adalah singkatan dari Megabit per second, sedangkan MBps adalah singkatan dari Mega Byte per second. Jika dibandingkan sekilas hamper sama. Perbedaan Mbps dan MBps terletak pada huruf “B” besar. Satuan Mbps selalu digunakan oleh ISP (Internet Service Provider). Jika anda menggunakan aplikasi speedtest yang tertera adalah tetap Mbps sebagai satuan yang ditampilkan. Tetapi berbeda jika menggunakan aplikasi download, MBps menjadi satuan yang ditampilkan. Hal ini karena ada perbedaan antara penggunaan kecepatan saat di perangkat (device) misalkan handphone dan laptop, dengan penggunaan kecepatan di jaringan. Jadi untuk mengetahui kecepatan saat di perangkat, harus dilakukan penghitungan konversi terlebih dahulu.

 

Berikut satuan kecepatan internet :

MBps = Mega Byte per second.
Mbps = Mega bit per second.
KBps = Kilo Byte per second.
Kbps = Kilo bit per second
B = byte.
b = bit
1 byte = 8 bit.

1 Byte (B) = 8 bit.
1 Kilobyte (KB) = 1024 byte.
1 Megabyte (MB) = 1024 Kilobyte.
 

Untuk mengetahu kecepatan download saat di perangkat adalah dengan dibagi angka delapan. Misalkan data file musik dengan ekstensi .mp3 mempunyai ukuran 5 MB (Megabyte). Sedangkan jika anda memiliki kecepatan internet 10 Mbps, dengan kecepatan download yang sudah dibagi 8 yaitu 1.25 MBps maka file mp3 akan terdownload dalam waktu paling cepat 6.25 detik. Kenapa dituliskan dengan pernyataan kemungkinan waktu download paling cepat? Karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi misalnya kekuatan sinyal, jenis jalur internet yang dipakai, maupun kemampuan perangkat.

Penghitungan tersebut bisa dijadikan pertimbangan untuk pemasangan internet yang anda butuhkan di lokasi yang anda inginkan misalnya untuk internet kantor maupun internet rumah.  Jumlah perangkat yang menggunakan satu koneksi internet yang sama, juga bisa mempengaruhi kecepatan download anda.