5 Cara Untuk Mempercepat Koneksi Internet

April 07, 2021

cara mempercepat koneksi internet

Saat ini internet sudah menjadi kebutuhan manusia di berbagai belahan bumi manapun tak terkecuali di Indonesia. Pengguna internet di Indonesia sendiri mengalami peningkatan dibanding tahun 2020 lalu yakni sebesar 15,5 persen atau 27 juta pengguna, yang mana jika di total bisa mencapai 202,6 juta pengguna aktif di Indonesia saat ini.

Bagaimana tidak? Semenjak pandemi corona, semua dituntut untuk mematuhi protokol kesehatan dengan berjaga jarak, sehingga setiap kegiatan yang dulunya dilakukan beramai-ramai sekarang berubah menjadi serba online atau non tatap muka. Semakin tingginya kegiatan online maka memicu semakin meningkatnya penggunaan internet untuk kehidupan sehari-hari. Mulai dari pelajar, mahasiswa, pebisnis, bahkan ibu rumah tangga sekalipun, tiada hari tanpa internet dalam kegiatannya.

Namun apa jadinya jika internet yang kita gunakan putus nyambung atau lambat? Pasti segala aktifitas jadi terhambat dan pekerjaan juga tidak tuntas. Jangan khawatir, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat koneksi internet. Simak penjelasan berikut :

               

  1. Gunakan block Ads

Gunakan AdsBlocker agar bisa otomatis memblokir iklan yang bermunculan pada situs tertentu, karena munculnya banyak iklan jadi salah satu faktor penyebab lambatnya internet Anda, sehingga memakan data lebih banyak, dan internet pun melambat.

 

  1. Menghapus cache

Banyak cache yang menumpuk pada penyimpanan internal HP dapat menurunkan performa HP. Hal ini dapat mempengaruhi koneksi pada internet Anda juga lho. Anda bisa menghapus cache dengan cara settings - aplikasi - pilih cache - clear cache, kemudian koneksi internet akan lebih lancar.

 

  1. Optimasi wifi dengan restart router

Dengan restart router, kecepatan internet akan kembali seperti semula. Caranya mudah saja, Anda cukup mematikan router wifi dan tunggu hingga 10 detik, setelah itu nyalahkan kembali, sehingga internet akan kembali lancar.

 

  1. Mengatur kembali posisi router wifi

Posisi peletakan router sangat menentukan kecepatan signal, jika peletakannya tidak tepat bisa menurunkan signal yang di dapat lho. Anda dapat mengubah  posisi router wifi di ruang tengah dan letakkan pada tempat yang tinggi dengan memposisikan antenna router tegak lurus.

 

  1. Sering mengganti password wifi

Sering mengganti password wifi akan sangat berguna untuk mempercepat internet Anda. karena Anda tidak pernah tahu berapa orang yang mencoba membobol masuk menggunakan koneksi internet Anda, jangan-jangan lambatnya internet memang karena dipakai banyak selain orang-orang yang Anda kehendaki. Anda dapat mengganti dengan password wifi menjadi yang lebih kompleks, misalnya sertakan angka atau huruf capital secara acak.