Penyebab Komputer dan Laptop Lemot Serta Cara Mengatasinya

Maret 26, 2021

penyebab komputer lemot dan cara mengatasi

Komputer lemot hampir terjadi pada komputer. Tidak hanya komputer, laptop lemot juga menjadi hambatan terutama disaat bekerja. Karena di jaman digital saat ini, komputer dan laptop menjadi tools utama dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Gangguan komputer lemot ataupun laptop lemot biasanya dialami oleh pengguna yang sudah lama memiliki perangkat tersebut.

Berikut penyebab komputer lemot dan cara mengatasinya.

 

  1. Hard Disk Bermasalah

Hard Disk mempunyai peran penting dalam setiap aktifitas yang dilakukan di komputer. Harus selalu tersisa ruang hard disk untuk menyimpan maupun menjalankan aplikasi. Di artikel sebelumnya sebelumnya SSD menjadi opsi agar kinerja komputer dan laptop menjadi optimal. Karena SSD mempunyai kecepatan read dan write yang lebih tinggi dari Hard Disk.

 

  1. Terlalu Banyak Startup Program

Startup program merupakan program yang dijalankan saat pertama kali computer dinyalakan. Semakin banyak startup program, akan membuat komputer lemot. Cara mengatasinya adalah anda perlu mematikan beberapa startup program dengan mengetikkan msconfig pada start menu kemudian pilih tab start-up dan matikan beberapa program start-up yang memakan banyak RAM.

 

  1. Banyak Temporary Files

Temporary Files menjadi salah satu penyebab komputer lemot. File temporary ini biasanya memiliki ekstension file “tmp” atau nama filenya diawali dengan “$”. File temporary akan otomatis dibuat oleh sistem ketika kita membuat maupun mengedit file tertentu. Sebagian file temporary bisa terhapus dengan sendirinya. Ada pula yang harus dihapus secara manual.

 

  1. Kapasitas RAM Tidak Mencukupi

RAM merupakan salah satu komponen paling penting saat menjalankan program. Setiap program memiliki kapasitas yang berbeda saat dijalankan. Misalkan Photoshop dan Coreldraw membutuhkan kapasitas RAM yang tinggi jika dijalankan dengan program aplikasi lain misalkan Microsoft Word. Cara mengatasinya adalah meng-upgrade kapasitas RAM menjadi lebih tinggi lagi. Hal ini bertujuan untuk meperlancar aktifitas multitasking.

 

  1. Terinfeksi Malware

Jika langkah-langkah sebelumnya sudah dilakukan namun penyebab komputer lemot, maka komputer anda kemungkinan terinfeksi malware. Malware termasuk dalam kategori virus. Malware ini menyerang RAM. Sehingga RAM yang seharusnya masih tersisa banyak, tiba-tiba menjadi penuh dan semua aktifitas di komputer akan menjadi lambat. Cara mengatasinya adalah anda bisa menggunakan antivirus dengan reputasi bagus, maupun antivirus khusus malware.