Perbedaan SSD dan HDD

Maret 24, 2021

perbedaan ssd dan hdd

Apa itu HDD ?

HDD adalah singkatan dari Hard Disk Drive yang merupakan perangkat penyimpanan yang sering digunakan pada komputer maupun laptop. HDD ada dua jenis yaitu HDD Internal maupun HDD Eksternal. HDD Internal digunakan untuk kebutuhan utama menjalankan system Operasi misalkan Windows ataupun Linux yang nantinya digunakan untuk menyimpan berbagai file juga. Sedangkan HDD Eksternal lebih sering digunakan untuk menyimpan berbagai konten file seperti musik dokumen, foto dan lainnya. HDD Eksternal penggunaannya mirip flashdisk tetapi mempunyai bentuk fisik dan kapasitas yang lebih besar dari flashdisk.

Apa itu SSD ?

SSD adalah singkatan dari Solite State Drive yang merupakan perangkat penyimpanan dengan teknologi terbaru yang dianggap lebih baik dibandingkan HDD. SSD mempunyai kecepatan akses lebih cepat dalam membaca maupun menyimpan konten file.

 

Perbedaan HDD dan SSD

Selama ini HDD merupakan salah satu perangkat media penyimpanan yang wajib berada di dalam perangkat lomputer maupun laptop. Tetapi seiring dengan perkembangan teknologi, media penyimpanan juga ikut berkembang. Saat ini SSD mulai menjadi media penyimpanan baru. Dalam beberapa paket perangkat komputer dan laptop sudah mulai menggunakan SSD dengan harga yang mirip tetapi dengan kapasitas penyimpanan yang lebih kecil jika dibandingkan paket yang menggunakan HDD.

Berikut perbedaan HDD dan SSD :

  1. Segi Komponen

Secara fisik HDD terdapat piringan, motor, dan lengan yang terhubung ke piringan. Piringan ini berputar setiap kali HDD sedang digunakan. Karena itu ketika HDD sedang digunakan, akan muncul suara bising yang berasal dari piringan HDD yang berputar cepat.

Sedangkan SSD tidak memiliki komponen bergerak. SSD murni elektrik karena menggunakan sirkuit yang disusun sebagai memori untuk menyimpan data. Teknologi ini menjadi dasar teknologi pada flash disk maupun multi media card (MMC). Hal ini menjadi perbedaan paling mendasar pada HDD dan SSD.

 

  1. Segi Kecepatan

Karena menggunakan komponen bergerak, HDD membutuhkan waktu untuk mencapai titik optimalnya. Rata-rata kecepatan transfer data sekitar 200Mbps. Sedangkan SSD yang tidak mempunyai komponen bergerak, bisa melakukan transfer data lebih cepat sampai 2500 Mbps.

 

  1. Segi Daya

HDD dengan banyaknya komponen bergerak, membutuhkan daya yang tinggi untuk menggerakkannya. Di sisi lain, SSD menggunakan daya yang lebih efisien. Hal ini sangat membantu efisiensi baterai pada laptop. SSD hanya membutuhkan daya kurang dari 1 Watt sedangkan HDD mencapai lebih dari 10 Watt.

 

  1. Segi Masa Pakai

Meskipun SSD memiliki kemampuan dan ketahanan yang lebih baik dibanding dengan HDD, SSD ternyata memiliki kelemahan dari segi umur pemakaian. Usia HDD ditentukan oleh rusak atau tidaknya komponen piringan cakramnya. Sedangkan usia SSD tergantung dari pemakaian write atau seberapa banyak data yang dituliskan. Misalkan SSD yang memiliki penyimpanan sebesar 250 Gb memiliki masa pakai data write sebesar 300 Tb. Jika masa pakai itu telah tercapai, maka SSD akan rusak dan tidak dapat digunakan lagi.

 

  1. Segi Harga

Saat ini HDD mempunyai harga yang lebih ekonomis dari SSD jika membandingkan dari kapasitas penyimpanan yang didapatkan. Tetapi SSD memiliki harga yang sepadan dengan kemampuan dan ketahanannya.