Perbedaan Internet Dedicated dan Internet Broadband

Maret 17, 2021

internet dedicated internet broadband

Rutinitas sehari-hari hampir tidak lepas dengan kebutuhan penggunaan internet. Mulai dari aktifitas bekerja maupun hiburan. Internet menjadi kebutuhan dasar setiap orang saat ini. Dirumah dibutukan koneksi internet untuk browsing materi belajar, browsing tips dan cara memasak, streaming musik, streaming video, dan banyak aktifitas yang lain. Sedangkan aktifitas kantor memiliki ketergantungan yang lebih tinggi pada internet. Apalagi kantor yang sudah mengutamakan penggunaan perangkat teknologi dalam pekerjaaan. Internet digunakan untuk mengakses data di cloud, email, VPN, VOIP, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ada perbedaan aktifitas kantor dan rumah dalam penggunaan internet. Hal ini mengharuskan anda untuk pandai memilih jenis internet. Internet terbagi menjadi dua jenis yaitu Internet Dedicated dan Internet Broadband. Jenis internet ini memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Sehingga anda harus jeli dalam penyesuaian pilihan internet untuk aktifitas anda.

Berikut perbedaan Internet Dedicated dengan Internet Broadband :

  1. Kecepatan Download dan Upload

Keunggulan Internet Dedicated adalah kecepatan bandwidth yang terjamin. Kecepatan Internet Dedicated konsisten dalam segi download dan upload. Hal ini sangat bermanfaat untuk aktifitas pekerjaan dan perkantoran. Karena lambatnya transfer data akan jarang terjadi. Sedangkan Internet Broadband merupakan Internet Dedicated yang dibagi dan digunakan oleh lebih dari satu pelanggan dengan lokasi yang berbeda. Internet Broadband tidak terjamin konsistensinya dalam hal download maupun upload. Karena aktfitas tersebut bergantung pada seberapa banyak pengguna yang aktif di saat yang bersamaan.

  1. Kualitas Layanan

Banyak gangguan yang mungkin terjadi pada jaringan internet. Seperti misalkan gangguan perangkat maupun konfigurasi jaringan. Penyedia layanan Internet Dedicated menyediakan jaminan dalam bentuk Service Level Agreement (SLA). Jika suatu saat terjadi gangguan dan tidak memenuhi standar pada perangkat maupun koneksi Internet yang anda gunakan, anda berhak meminta perbaikan bahkan menerima kompensasi dari gangguan tersebut. Waktu yang dibutuhkan untuk penyelesaian perbaikan tersebut biasanya juga sudah ditargetkan dalam waktu tertentu. Sedangkan jaminan ini tidak berlaku pada Internet Broadband. Karena itu layanan Internet Dedicated menjadi rekomendasi untuk perkantoran karena berpengaruh pada aktifitas operasional yang sedang berlangsung di kantor.

  1. Biaya

Perbedaan standar kualitas dari segi kestabilan bandwidth maupun layanan perbaikan membuat perbedaan harga pada dua jenis layanan internet ini. Internet Broadband memiliki biaya berlangganan yang lebih terjangkau dibandingkan dengan Internet Dedicated. Sedangkan Internet Dedicated dengan biaya yang sepadan, anda bisa memiliki jaminan kualitas yang baik pada perangkat maupun koneksi internet anda.