Tips Kelola Dompet Digital

Maret 03, 2021

Tips Dompet Digital

Di era bisnis 4.0 saat ini, sangat banyak bisnis yang berubah menjadi digital. Berbagai macam aktifitas berubah menjadi aktifitas digital diantaranya adalah meeting virtual, seminar online, toko online dan tidak terkecuali pengaturan uang. Transaksi melalui dompet digital saat ini berbanding lurus dengan meningkatnya aktifitas digital.Mengingat dompet digital adalah tempat penyimpanan uang secara digital maka banyak sekali aplikasi mobile yang bisa dimanfaatkan.. Tanpa disadari transaksi digital menggunakan dompet digital justru sulit untuk dikelola. Berikut tips untuk mengurangi kebiasaan konsumtif.

1. Pilih aplikasi dompet digital yang sesuai
Ada banyak sekali pilihan aplikasi dompet digital di playstore yang bisa anda download, sebelum menggunakannya, cobalah untuk membuat perbandingan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing aplikasi tersebut, mulai dari fitur-fitur yang disediakan hingga penilaian dari komentar yang diberikan pengguna.
2. Batasi Jumlah Saldo
Batasi jumlah top up ke dompet digital anda, misalkan anda terbiasa melakukan top up sebesar Rp 500.000,- mulai kurangi menjadi Rp 350.000 , anda bisa batasi dengan top up 30-40 persen dari biasanya. Dengan mengontrol jumlah saldo, anda bisa membatasi aktifitas belanja anda.
3. Cek history transaksi secara berkala
Sering-seringlah cek history transaksi pada fitur yang ada, lakukan monitoring terutama setelah melakukan transaksi pembayaran. Anda jadi lebih bisa mengontrol keuangan setelah melihat saldo yang tersisa. Hal ini dapat membantu anda untuk mengoreksi pembelian, apakah sudah tepat atau boros dalam membeli sesuatu.
4. Manfaatkan promo
Ada banyak promo yang ditawarkan di dompet digital, mulai dari makanan, transportasi, belanja bahan pokok dan lain-lain. Namun jangan cepat tergiur, tetap perhatikan dan baca dengan seksama syarat dan ketentuan yang diberlakukan, jangan sampai terjebak dengan promo yang sebenernya tidak terlalu hemat.
5. Disarankan tidak hubungkan Dompet Digital dengan Kartu Kredit
Menghubungkan dompet digital dengan kartu kredit sama saja dengan jatuh ke lubang yang sama. Saat saldo dompet digital habis, jika terhubung ke kartu kredit kamu akan dengan mudahnya bisa top up, hal ini bikin pengeluaran jadi tidak terkontrol.
6. Install aplikasi pengatur keuangan
Aplikasi ini akan memudahkan anda untuk mengecek pengeluaran setiap harinya, kamu bisa mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan dan menyimpan datanya pada aplikasi tersebut. Sehingga bisa membantu anda membuat estimasi pengeluaran yang lebih akurat terkait dengan mengetahui apa saja sih kebutuhan yang harus anda beli dan tidak perlu anda miliki.