Jenis Email

Agustus 26, 2019 | By Author

Blog

Email atau surat elektronik merupakan sebuah teknologi yang memudahkan kita dalam mengirim pesan dan data dengan waktu yang cepat dengan menggunakan media internet. Email terdiri dari berbagai macam jenis, diantaranya POP mail, email berbasis web dan email forwarding. Mari kita bahas.

  1. POP Mail

    POP mail merupakan singkatan dari Post Office Proocol yang merupakan email yang menggunakan server POP. Contoh email yang berbasis POP (POP Mail) adalah Eudoro, Pegasus, Netscape Communicator, MS Outlook Express dan masih banyak lagi lainnya.

  2. Email Berbasis Web

    Email berbasis web adalah layanan email yang ditawarkan oleh website-website penyedia jasa layanan email seperti Yahoo!, Google, dal lainnya. Kelebihan dari email berbasis web ini adalah diberikan secara gratis oleh website yang bersangkutan. Selain itu juga dapat mengecek email dari mana saja. Kekurangannya, jika akan membaca isi email diperlukan akses internet atau harus dilakukan secara online.

  3. Email Forwarding

    Email forwarding adalah layanan email yang meneruskan email yang diterimanya ke alamat email yang lain. Email jenis ini bermanfaat untuk orang-orang yang suka berganti-ganti alamat email. Kelebihan email jenis ini adalah bisa menyembunyikan alamat email yang sesungguhnya. Kekurangan email in adalah karena hanya bersifat perantara dan harus meneruskan email yang diterima ke alamat yang lain. Email tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai ke alamat email yang dituju.