Jenis Antena Jaringan Internet

Agustus 19, 2019 | By Author

Blog

Sobat Padinetter, yuk cari tahu jenis-jenis antenna untuk jaringan internet dan fungsinya!

  1.  Antena Grid.

    Antena yang berbentuk seperti jarring dan cakupan antena ini hanya searah. Biasanya antenna ini mempunyai pasangan antenna di tempat yang lain (antenna pemancar sinyal). Antena ini diarahkan ke antena  pemancar agar sinyal yang diperoleh lebih baik. Fungsi antena ini adalah menerima dan menginil sinyal data dengan sistem gelombang radio 2.4Mhz.

  2. Antena Omni.

    Antena yang berbentuk seperti tongkat ini memiliki cangkupan yang lebih luas dibandingkan antena grid, cangkupannya menyebar ke semua arah. Fungsi utama antena ini adalah memberikan coverage yang lebih luas namun dalam jangkauan pendek.

  3. Antena Sectoral.

    Antena sectoral ini hamper mirip dengan antena omni. Kelebihan dari antena ini adalah relative lebih aman, dan biayanya lebih murah. Sedangkan kekurangannya adalah kelemahan dalam konfigurasi, mobilitas yang kurang, dan kurang fleksibel  jika ada ekspansi.

  4. Antena Solid Dish.

    Antena solid dish ini biasa digunakan untk outdoor pointing. Antena jenis ini memiliki fungsi dan frekuensi yang sama dengan antena grid, namun antena ini meiliki jnagkauan lebih jauh dan lebih fokus dibandingkan dengan antena grid. Antena solid dish ini biasanya digunakan untk point to point dengan jarak yang jauh.