Sumber Penghasilan Perusahaan Startup

Juli 29, 2019 | By Author

Blog

Halo Padinetter, kali ini kita akan bahas bagaimana cara perusahaan startup mendapatkan pemasukan.

  1. Investor

    Sebagian besar dan yang dikeluarkan oleh perusahaan startup di Indoneisa berasal dari dana investor. Dari dana investor inilah yang digunakan oleh founder startup untuk memutar hingga ‘membakar’uang dari pemilik dana tersebut. Tanpa investor perusahaan startup sulit untuk berkembang. Sebab, dana tersebut yang mereka gunakan untuk membuat iklan dan berbagai hal untuk menjaring konsumen mereka dengan baik.

  2. Penjualan Produk atau Jasa

    Pendapatan yang paling utama dari perusahaan startup adalah penjualan produk atau jasa. Pendapatan langsung dari konsumen yang diperoleh akan diputar kembali. Meskipun terkadang pendapatan mereka tak sebesar dengan pengeluaran.

    Model penjualan setiap perusahaan startup berbeda-beda, ada yang melakukan penjualan dengan sistem affiliate, keagenan, reseller dan dropship. Tergantung dengan kebijakan perusahan startup untuk mendapatkan uang dari end user.

  3. Fitur Premium

    Hampir semua startup memiliki fitur premium. Perusahaan startup menawarkan fitur premium ini ini tidak didapatkan secara cuma-cuma oleh pelanggan, melainkan pelanggan atau konsumen ini harus membayarnya.

    Seperti halnya yang kita ketahui seperti marketplace Tokopedia, Bukalapak, dan OLX memberikan fitur premium kepada para penjual yang sudah sukses berdagang di marketplace mereka dan memberikan penawaran yang menguntungkan untuk penjual jika menggunakan fitur premium.

  4. Iklan

    Selain dari penjualan, startup memberikan iklan kepada para penggunanya. Jika di marketplace, para penjual yang ingin iklan akan dikenakan biaya, apalagi produk yang dijual akan muncul di halaman pertama, para penjual harus membayar kepada pihak marketplace. Cara ini menjadi cara yang cukup sering dilakukan sebagai sumber pendapatan bagi startup.