Mengenal Kasta dalam Dunia Startup Bisnis

Juli 22, 2019 | By Author

Blog

Sobat Padinetter, Dalam dunia bisnis startup dikenal dengan istilah unicorn, decacorn, dan hectocorn. Istilah-istilah ini adalah penggambaran kesuksesan pada pencapaian sebuah bisnis startup yang mampu memperoleh pendapatan yang kemudian dikelompokkan dengan istilah-istilah di tersebut.

  1. Unicorn

     Sebutan unicorn pertama kali diperkenalkan oleh pemodal capital, Aileen Lee pada tahun 2013. Unicorn adalah gelar yang diberikan pada suatu startup yang memiliki nilai valuasi (nilai dari suatu startup, bukan sekedar pendanaan yang diraih dari investor) lebih dari 1 miliar dolar AS. Ada empat perusaahn starup di Indonesia yang menjadi unicorn, yaitu Traveloka, Go-Jek, Bukalapak dan Tokopedia.

  2. Decacorn

    Decacorn adalah perusahaan dengan nilai valuasi US$10 miliar. Dari 300 perusahaan yang menyandang gelar unicorn, ada 15 perusahaan di dunia yang naik kasta menjadi decacorn. China dan Amerika Serikat mendominasi daftar decacorn baru di dunia.

  3. Hectocorn

    Hectocorn adalah super unicorn yang berarti startup yang memiliki nilai valuasi sebasar US$100 miliar. Tidak banyak informasi yang tersedia mengenai perusahaan startup mana yang sudah menjadi hectocorn ini. Namun, jika menilik nilai valuasinya maka dapat dikatakan perusahaan rintisan itu pastinya berada di level seperti Microsoft dan Apple agar dapat berstatus hectocorn.