Alasan Cisco Diakui di Semua Negara

April 21, 2022

alasan cisco terkenal dan diakui

Setiap praktisi IT pasti mengetauhi kualitas Cisco sebagai produsen perangkat jaringan. Terlebih lagi bagi Praktisi IT Network, Cisco menjadi salah satu brand yang terpilih untuk setiap instalasi jaringan. Cisco lebih sering muncul pada perangkat seperti switch, router, dan wifi router. Tidak hanya itu, Cisco ternyata bisa menerbitkan sertifikasi keahlian. Bahkan beberapa perusahaan mewajibkan calon karyawannya untuk memiliki satu keahlian dengan menunjukkan sertifikat dari Cisco.

Cisco adalah perusahaan teknologi yang menyediakan perangkat untuk mendukung pembuatan jaringan komputer. Cisco pertama kali terbentuk pada tahun 1984 oleh Sandy Lerner dan suaminya Leonard Bosack. Keduanya sama-sama bekerja di Universitas Stanford saat itu. Saat itu Bosack memikirkan bagaimana cara agar komputer-komputer yang berada di kampus tersebut dapat berinteraksi, dengan alat bantu sebuah kotak yang berfungsi sebagai router multiprotokol yang saat itu diberikan nama Bluebox.

Nama Cisco diturunkan dari nama kota San Fransisco tetapi dengan memakai huruf kecil “cisco”. Cisco bukan perusahaan pertama yang mengembangkan alat node jaringan. Tetapi cisco menjadi salah satu perusahaan pertama yang sukses menjual router yang mendukung sejumlah protokol yang berbeda. Cisco tidak hanya menjual alat, tetapi juga bisa memberikan konsultasi sampai membangun infrastruktur jaringan serta kemanannya.

Cisco melatih skill setiap staffnya untuk berbagai kebutuhan pelanggannya. Seiring berjalannya waktu, cisco mempunyai visi dimana bahwa semua orang layak memiliki skill dalam bidang jaringan demi kemajuan teknologi secara global. Cisco mendirikan Netacad (cisco Networking Academy) pada tahun 1997 dengan 67 sekolah. Cisco Networking Academy menjadi salah satu ruang kelas terbesar di dunia dengan 10.000 akademi di 165 negara pada saat itu. Saat ini diperkirakan sudah hampir 4 juta siswa telah berpartisipasi dalam program tersebut.

Cisco Networking Academy mengajarkan siswa cara merancang, membangun, memecahkan masalah dan mengamankan jaringan komputer. Dengan hal tersebut diharapkan bahwa siswa akan bisa langsung memiliki akses ke berbagai komunitas dan perusahaan di dunia. Berikut level pembelajaran yang dirancang oleh cisco secara bertahap dari pemula hingga mahir :

  • CCENT

Cisco Certified Entry Networking Technician adalah sertifikasi paling bawah. Materi yang diberikan berada dalam lingkup networking fundamentals. Biasanya meliputi dasar-dasar jaringan, konsep wireless, maupun troubleshooting skala kecil.

 

  • CCNA

Cisco Certified Network Associate adalah sertifikasi tahap lanjutan dari CCENT.  Materinya meliputi fundamental dari wireless maupun troubleshooting. CCNA ini terbagi dalam beberapa spesifikasi yaitu CCNA Cloud, CCNA Collaboration, CCNA Data Center, CCNA Industrial, CCNA Security, CCNA Service Provider, CCNA Voice, CCNA Video, serta CCNA Wireless.

 

  • CCNP

Cisco Certified Network Professional adalah sertifikat tingkat profesional dengan syarat mempunyai skill untuk melakukan instalasi, melakukan konfigurasi, melakukan troubleshooting jaringan LAN / WAN dengan jumlah setidaknya 500 perangkat jaringan.  CCNP juga memiliki kelas yang lebih spesifik seperti CCNA.

 

  • CCIE

Cisco Certified Internetwork Expert adalah level ahli  dan harus sudah lulus untuk tahapan CCNA dan CCNP. Melalui sertifikasi ini anda akan mampu menangani network dengan kapasitas sampai 2000 perangkat.

 

  • CCA

Cisco Certified Architect adalah sertifikasi untuk senior arsitek infrastruktur jaringan. Sertifikasi ini didesain untuk semakin mendalami arsitektur dan teknologi cisco.

 

Dengan klasifikasi dan tingkatan dalam pelatihan dan sertifikasi dari cisco, hal tersebut yang membuat cisco diakui di semua negara. Materi yang disiapkan oleh cisco Networking Academy benar-benar materi sesuai level dan diharapkan peserta yang lulus akan siap untuk bekerja sesuai hasil pelatihannya. Tertarik untuk mengikuti pelatihan dari cisco?