Mengenal ETL Sebagai Proses Integrasi Data Digital

April 19, 2022

ETL

Data digital diprediksi akan meningkat pesat dari segi kuantitas dalam beberapa tahun kedepan. Beberapa perusahaan unicorn bahkan sudah lebih dulu melakukan pengolahan data dalam jumlah yang tinggi khususnya Big Data. Ada beberapa bagian yang penting dalam pengumpulan data sampai pada penyimpanan data. ETL menjadi salah satu tahap yang mulai difokuskan oleh perusahaan dalam mengolah data digital.

ETL adalah singkatan dari Extract, Transform, Load yang berarti proses integrasi data dari berbagai macam sumber dan berbagai macam format untuk dikumpulkan ke suatu penyimpanan yang konsisten dan diletakkan pada gudang data.

Database sendiri memiliki dua jenis struktur yaitu data terstruktur dan data tidak terstruktur. Pada penerapannya, data terstruktur sudah ditentukan parameter dan jenis data sejak awal. Sedangkan data tidak terstruktur lebih fleksibel dalam menerima berbagai format data meskipun memakai parameter yang sama. Perbedaan struktur data ini menjadi alasan mengapa ETL menjadi tahap yang sangat penting pada pengolahan data.

ETL terdiri dari tiga tahapan sebagai berikut :

  1. Extract

Proses extract adalah proses mengumpulkan data dari berbagai sumber database maupun penampungan data. Data ini bisa jadi dihasilkan dari beberapa apilkasi yang berbeda maupun jenis database yang berbeda. Bisa jadi dalam suatu perusahaan memiliki server yang berbeda pula dari setiap aplikasi yang dimiliki. Hal tersebut membuat proses ekstraksi lebih lama apabila banyak sumber yang harus dicek.

 

  1. Transform

Pada proses transform ini, data yang sudah melalui proses extract akan dirapikan. Duplikasi data akan dicek ulang apakah hanya dibutuhkan salah satu atau memang dibutuhkan dua-duanya. Kemudian data tersebut juga ditata dari segi struktur dan parameter data. Standardisasi perlu dilakukan agar data lebih seragam sebelum data diletakkan di data warehouse.

 

  1. Load

Load menjadi proses paling akhir dari ETL. Proses ini bertujuan memuat data dengan format baru sesuai dengan tujuan yang ditentukan sebelumnya. Proses Load ini bisa dilakukan bertahap atau bisa juga sekaligus mengikuti proses transform. Proses ini bisa dibagi-bagi agar data yang masuk berdasarkan rentang waktu tertentu. Lokasi akhir dari ETL yaitu pada data warehouse.

 

Proses ETL ini selalu berulang dengan jangka waktu yang disepakati oleh tim pada suatu perusahaan. Data warehouse yang dihasilkan dari proses ETL ini nantinya bisa dilakukan analisa data kembali untuk pengembangan aplikasi baru maupun sistem pendukung keputusan di lapangan. Hal ini membuat beberapa perusahaan lain juga bersiap untuk mengolah data digital untuk berbagai macam kebutuhan history data maupun strategi bisnis dengan level yang lebih baik.