Alasan Linux Dipilih Sebagai Sistem Operasi Pada Server

April 04, 2022

linux server

Sistem operasi menjadi hal yang paling dasar dari komputer. Sistem operasi adalah perangkat lunak yang berbasis sistem dasar untuk mengontrol dan mengendalikan perangkat keras maupun perangkat lunak lainnya. Meskipun sistem operasi sudah banyak berjalan di smartphone seperti android dan iOS, namun sistem operasi pada komputer tetap membutuhkan perhatian lebih untuk memilihnya.

Ada beberapa sistem operasi yang tersedia saat ini yaitu Windows, Mac OS dan Linux. Windows paling sering dijumpai di komputer atau laptop pada pengguna umumnya. Setiap pengguna paling banyak memilih sistem operasi Windows karena cenderung mempunya user interface yang mudah dan kompatibilitasnya yang cukup baik pada perangkat lunak umumnya. Tetapi ternyata Linux juga punya banyak pengguna apalagi dengan kebutuhan yang spesifik, misalnya untuk komputer server.

Berikut beberapa alasan linux dipilih menjadi sistem operasi untuk server :

  1. Lebih Stabil

Dalam sebuah server, ada banyak tugas yang harus dikontrol didalamnya. Bayangkan saja apabila server ini merupakan server hosting yang menampung website dengan transaksi besar seperti Tokopedia dan Shopee. Bisa terjadi ribuan transaksi setiap harinya. Selain kemampuan website sebagai tampilan untuk pengunjung maupun admin, server berperan penting untuk tetap menjaga pertukaran data yang dilakukan melalui website agar tetap stabil. Linux memiliki kelebihan dalam hal konfigurasi pada setiap jalur data. Jarang terjadi gangguan yang bisa menghentikan sistem pada Linux. Hal tersebut dikarenakan Linux bisa mengatur banyak konfigurasi tanpa mempengaruhi pertukaran data yang sedang terjadi.

 

  1. Skalabilitas Tinggi

Jika dibandingkan windows, linux memang lebih ringan saat dioperasikan maupun saat berjalan dengan tugas-tugas yang sifatnya otomatis pada aktifitas server. Windows seringkali sangat bergantung pada hardware yang dibutuhkannya untuk berjalan dengan baik. Sedangkan Linux hanya bergantung pada seberapa besar lalu lintas data yang sedang ditangani. Ini menjadi salah satu faktor paling penting kenapa Linux menjadi sistem operasi yang handal pada server.

 

  1. Biaya Rendah

Dibandingkan Windows yang berbayar, banyak sekali fitur yang sama tetapi didapatkan dengan gratis pada Linux. Meskipun ada beberapa sistem operasi Linux yang berbayar untuk skala enterprise, tetapi hal tersebut masih bisa untuk dipertimbangkan dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan. Sehingga menggunakan Linux untuk server akan membutuhkan biaya yang lebih rendah dibandingkan sistem operasi yang lain.

 

Selain itu, Linux juga lebih aman dari virus dibandingkan dengan Windows. Linux hanya akan menjalankan perintah yang ditentukan oleh penggunanya. Dengan manfaat tersebut, Linux hampir selalu menjadi pilihan utama. Terlebih lagi jika memang perusahaan yang fokus pada pengelolaan server sendiri. Tentunya Linux menjadi favorit bagi staff divisi Network Management Center terutama staff SysAdmin.