Karakteristik Deep Web

Maret 25, 2022

karakteristik deep web

Karakteristik Deep Web

Selama ini kita sering melakukan browsing untuk mencari informasi menggunakan google. Informasi yang kita butuhkan dengan mudah kita dapatkan. Seperti misalnya website yang menyediakan informasi tentang pengunguman kegiatan tertentu, resep masakan, sosial media dan banyak lagi yang lainnya. Website yang biasa diakses oleh pengguna umum sehari-hari itu disebut Surface Web. Kemudian terdapat website lain yang tidak bisa diakses oleh orang pada umumnya disebut Deep Web.

Deep web adalah kumpulan informasi dalam website yang hanya bisa diakses orang-orang khusus yang telah ditentukan sebelumnya. Konon katanya jika dihitung keseluruhan website yang ada didunia ini, 90% dari website tersebut merupakan Deep Web.

Jika diibaratkan gunung es yang ada di lautan, Surface Web itu merupakan gunung yang terlihat diatas permukaan laut, sedangkan Deep Web itu merupakan bagian gunung yang berada dibawah permukaan laut. Banyak orang bisa melihat maupun mengakses Surface Web dengan cara menggunakan kata kunci pada pencarian Google Search, maka hasil pencarian akan ditampilkan dan pengguna bisa membuka website tersebut. Sedangkan Deep Web ini tidak terdeteksi oleh pencarian dengan keyword apapun.

Deep web diyakini memiliki informasi yang sifatnya rahasia dan hanya orang tertentu yang mendapatkan aksesnya. Misalnya seperti hasil penelitian, dokumen rahasia organisasi atau negara, data perbankan, maupun riwayat pasien tertentu. Dokumen digital tersebut bisa berupa file teks, video, maupun gambar. Oleh karena itu demi memperketat privasi, website tersebut diatur dan dikonfigurasi agar tidak bisa terdeteksi oleh mesin pencari seperti Google Search.

Sama halnya seperti Surface Web, Deep Web juga bisa diakses melalui web browser biasa seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari dan lainnya. Tetapi bisa jadi ada pengaturan url khusus, IP Address maupun protokol tertentu yang hanya diketahui oleh penggunanya untuk mengakses Deep Web. Cara tersebut membuat pengguna Surface Web akan kesulitan untuk mencari tahu tentang Deep Web.

Website pada level Deep Web memiliki prioritas keamanan yang jauh lebih tinggi. Hal tersebut guna menangkal usaha para hacker untuk melakukan pencurian data. Apalagi Deep Web ini menyimpan informasi yang sifatnya rahasia dan juga menjadi privasi oleh pihak tertentu. Hal tersebut membuat Web Developer berupaya untuk memberikan security digital secara maksimal untuk melindungi data tersebut.