Data Engineer dan Skill Yang Harus Dimiliki

Maret 23, 2022

data engineer

Data digital saat ini memang memiliki kelebihan untuk disimpan secara cloud yang bersifat online. Banyak perusahaan yang sudah menerapkan penyimpanan data digital mulai dari toko online sampai perkantoran. Untuk perusahaan dengan skala tinggi maka akan semakint tinggi pula penyimpanan datanya. Banyak sekali jenis data untuk dipilah dan diolah kembali tetapi tidak semua orang bisa menganalisa data dengan baik. Disinilah peran Data Engineer dibutuhkan.

Data Engineer adalah posisi staf yang bertanggung jawab atas infrastruktur data pada sebuah persuahaan. Sering kali data engineer ini juga membangun sistem untuk mengakses data agar lebih mudah dipantau. Data engineer selalu siap untuk mengatur volume data dalam jumlah besar. Terlebih lagi sudah banyak perusahaan yang memanfaatkan Big Data membuat posisi Data Engineer ini menjadi sangat penting.

Data engineer menjadi bagian dari tim untuk pengembangan aplikasi maupun analisa data yang bisa digunakan untuk membaca peluang pengembangan bisnis. Dengan alasan tersebut, data engineer harus memiliki skill agar kerjasama tim bisa berjalan dengan baik. Berikut skill yang harus dimiliki oleh Data Engineer :

  1. Bahasa Pemrograman

Seorang Data Engineer ternyata harus menguasai beberapa bahasa pemrograman. Diantaranya yaitu Phyton dan MySQL. Data engineer mempunyai kewajiban untuk melakukan proses query untuk menampilkan data dan juga menghapus data sesuai ketentuan yang disepakati oleh tim.

 

  1. Cloud Platform dan Data Warehouse

Data engineer bertanggung jawab dalam menyimpan dan mengelola data. Raw data atau yang juga disebut data mentah itu sangat penting untuk bisa dianalisa. Analisa data ini biasanya akan ditangani lebih mendalam oleh Data Scientist maupun Data Analyst. Maka cloud platform menjadi salah satu pilihan untuk digunakan sebagai standar penyimpanan data mengingat teknologi security yang ditawarkan juga cukup baik.

 

  1. API

Application Programming Interface (API) merupakan interface yang dapat menghubungkan satu aplikasi dengan aplikasi yang lain untuk mengakses data. Disaat itu, Data Engineer mempersiapkan data dan membuatnya dalam bentuk format khusus untuk API, agar tim Application Developer dapat memanfaatkannya secara cepat.

 

  1. ETL

Extract, Transfer, and Load (ETL) adalah hal yang paling mendasar dalam pengolahan data. Saat pertama kali data dikumpulkan, sumbernya bisa berbagai macam jenis data. Kemudian data tersebut ditata sebaik mungkin agar bisa terintegrasi lalu diletakkan pada cloud platform.

 

  1. Machine Learning

Machine learning mengandalkan data history sebagai data andalannya. Maka peran data engineer yaitu mempersiapkan dan merapikan data untuk bisa digunakan dalam proses algoritma yang digunakan oleh Machine Learning.

 

Setelah mengetahui skill yang harus dikuasi oleh Data Engineer, ternyata peran Data Engineer cukup banyak. Terlebih lagi apabila tim lain sedang menganalisa data dan juga mengembangkan suatu aplikasi, maka Data Engiineer harus siap untuk menyediakan data sesuai dengan kebutuhan yang disepakati oleh tim secara keseluruhan.