Mengenal Apa itu Colocation Server

Januari 21, 2022

colocation adalah

Orang umumnya mungkin asing dengan sebutan Colocation Server. Tetapi bagi praktisi komputer jaringan tentunya akan sering mendengar tentang Colocation Server. Colocation server adalah sebuah layanan yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya sebagai ruang server yang terletak di data center yang disediakan oleh penyedia layanan server.

Colocation atau bisa dituliskan Co-location yang berarti pengguna meletakkan server yang berbeda dengan lokasi pengguna. Colocation Server terletak di data center yang lokasinya bisa saja berjauhan dengan penggunanya. Secara fisik, colocation server selalu mendapatkan perawatan rutin dari penyedia. Seperti misalnya suhu ruangan, daya listrik sampai pada keamanan lokasi penempatan data center. Tentunya hal tersebut mengurangi aktifitas perawatan oleh pengguna.

Colocation server berkaitan dengan rack, data center, internet dan cloud computing yang berada dalam lingkup IaaS (Infrastructure as a Service). Dari segi kepemilikan Colocation, pengguna akan menyewa suatu rak ruang tertentu yang dimiliki oleh data center. Jadi ibaratkan suatu mall, pengguna mendapatkan stand kosong yang dimana pengguna dapat mengisinya dengan apapun yang berhubungan dengan server. Seperti misalnya digunakan untuk Dedicated Server, Cloud Server, VPS server, Hosting Server dan banyak lagi yang lainnya. Untuk mengakses Colocation server, pengguna mendapatkan IP Address yang sifatnya Public sehingga mudah diakses siapapun dan kapanpun selama terhubung dengan internet.

Banyak sekali keuntungan yang didapatkan pengguna yang menggunakan layanan colocation server. Colocation server diletakkan diruangan khusus yang memiliki berbagai perangkat yang menunjang kelancaran operasional server seperti cooling system dan fire extinguisher. Selain itu pemantauan 24 jam nonstop diberikan oleh penyedia layanan tersebut. Tentunya hal-hal tersebut akan meminimalisir keterlibatan pengguna dalam hal pengendalian colocation server secara fisik.

Efisiensi menggunakan colocation akan menjadi semakin optimal. Mengingat penunjang yang harus disediakan oleh penyedia layanan tanpa pengguna Colocation Server terlibat secara langsung. Apalagi untuk mengawasi server tentu membutuhkan tenaga pengelola dan pemelihara server. Bayangkan jika pengguna harus mempersiapkan penunjang tersebut hanya untuk satu server miliknya sendiri tentunya akan memakan biaya yang tidak sedikit.

Banyak penyedia layanan Colocation Server yang memiliki kantor pusat di Surabaya. PadiNET sebagai Internet Service Provider Surabaya menyediakan layanan Colocation Server dengan berbagai pilihan jalur koneksi internet agar akses yang dimiliki oleh Colocation Server menjadi lancar dan stabil. Selain itu, PadiNET memiliki layanan internet dedicated yang bisa menunjang pekerjaan pada perusahaan dari skala kecil sampai skala besar.