Perbedaan Framework dan Library Dalam Pemrograman

Januari 12, 2022

perbedaan framework dan library

Dalam dunia pemrograman, framework dan library merupakan bagian penting yang selalu digunakan saat ini. Framework dan library sangat membantu dalam membangun sebuah aplikasi ataupun website. Setiap programmer pasti sudah memiliki framework yang menjadi andalan saat mereka menyelesaikan proyek aplikasi maupun website.

Framework adalah sebuah kumpulan source code yang membentuk sebuah aturan dan kerangka untuk membuat sebuah website. Framework ini menjadi landasan bagi para programmer untuk mengembangkan  proyeknya. Framework memiliki kumpulan source code yang memberikan aturan untuk programmer agar menyesuaikan dengan aturan tersebut. Aturan tersebut guna memberikan keamanan secara dasar pada sebuah website.

Library adalah sebuah kumpulan source code yang membentuk sebuah aturan untuk menghasilkan suatu fitur dalam aplikasi. Library ini merupakan tambahan yang bisa diletakkan di dalam framework sesuai kebutuhan programmer. Library ini mempunyai aturan penulisan source code yang harus diikuti oleh programmer. Library memiliki parameters yang fix, dimana parameter itu biasanya harus diisi oleh variable dengan bermacam-macam tipe data yang ditentukan.

Perbedaan Framework dan Library

Perbedaan framework dan library ini yaitu pada lokasi dimana paket source code itu diletakkan. Framework itu menjadi hal pertama yang paling mendasar sehingga programmer tidak perlu menuliskan source code dari nol. Sedangkan source code yang dibuat sendiri oleh programmer diletakkan di dalam framework. Sehingga saat pertama kali website atau aplikasi dijalankan, framework menjadi paket paling awal yang diakses sebelum masuk ke dalam fitur-fitur website. Sedangkan Library berada didalam framework, yang mendukung untuk menampilkan fitur-fitur website.

Misalnya anda mengakses website PadiNET yaitu https://padi.net.id, yang pertama kali diakses adalah framework website. Framework yang bertugas mengontrol semua source code, kemudian mengecek routing file index yang tampil sebagai halaman beranda pada website. Saat website menampilkan halaman beranda salah satu fitur yang tampil adalah fitur slide banner yang menggunakan library plugin Owl Carousel. Berarti secara teknis, framework menjadi urutan awal dari source code ketika website pertama kali diakses yang memberikan respon bahwa webite bisa diakses, sedangkan Library ditampilkan selanjutnya setelah respon tersebut diberikan.

Selain itu, Framework sudah menentukan arsitektur aplikasi yang dibuat. Programmer tidak banyak memiliki kebebasan dalam menentukan lokasi file maupun folder. Framework sudah mengatur ketentuan lokasi file sejak awal. Sedangkan Library tidak membatasi programmer dalam menentukan arsitektur. Karena Library bisa diletakkan dimanapun saat dibutuhkan.

Dari perbedaan Framework dengan Library, ternyata juga punya persamaan yaitu sama-sama dibuat oleh programmer, yang kemudian dimanfaatkan untuk memudahkan programmer lain. Tentunya kedua paket source code tersebut sangat membantu programmer untuk mempercepat dalam menyelesaikan proyek yang sedang dikerjakan.