Cara Aplikasi Mobile Mendapatkan Penghasilan

Januari 06, 2022

penghasilan aplikasi mobile

Penggunaan smartphone saat ini bukan suatu kebutuhan melainkan sudah menjadi kebiasaan. Banyak sekali aktifitas yang bisa dilakukan hanya dengan smart phone. Tentunya kecanggihan smartphone membuat banyak penggunanya untuk memanfaatkan fiturnya sesuai dengan keinginannya. Smartphone mempunyai kebebasan yang ditawarkan pada penggunanya salah satunya yaitu menginstall berbagai macam aplikasi.

Berbagai macam aplikasi berada di dalam Play Store untuk pengguna smart phone dengan sistem operasi Android. Siapapun bisa mengunggah aplikasi ke Play Store dan bisa diunduh oleh siapapun juga. Tentunya sebelum suatu aplikasi mendapatkan hak untuk publikasi, pihak Play Store tentunya akan memastikan apakah aplikasi layak untuk diunduh (didownload) dan tidak melanggar hukum.

Sebagian aplikasi pada Play Store berbayar sejak saat pertama kali digunakan, tetapi tidak sedikit pula jumlah aplikasi yang ditawarkan secara gratis. Lalu bagaimana owner aplikasi tersebut mendapatkan penghasilan apabila aplikasi miliknya ditawarkan secara gratis?

Berikut beberapa cara aplikasi mobile untuk mendapatkan penghasilan

  1. Pemisahan Free App dan Premium App

Beberapa aplikasi memisahkan antara layanan aplikasi gratisnya dengan layanan aplikasi premium. Hal ini memudahkan untuk pengguna untuk memilih sepenuhnya antara kebebasan pembayaran atau layanan premium yang ingin didapatkan. Biasanya Premium App sudah meminta pengguna membayar sejumlah harga yang ditawarkan aplikasi sejak pertama kali pengguna ingin mengunduh aplikasi tersebut.

 

  1. In-App Purchase

Metode ini digunakan oleh penyedia aplikasi agar pengguna bisa tetap menggunakan aplikasi yang sama dan memilih fitur didalam aplikasi tersebut. Fitur didalam aplikasi tersebut sebagian disediakan secara gratis tetapi sebagian lain ditawarkan sebagai premium fitur. Seperti misalnya game  Mobile Legends yang masih menjadi tren saat ini. Untuk memainkan game tersebut pengguna bisa memanfaatkan secara gratis. Tetapi seringkali aksesoris yang ditawarkan untuk mempercantik game tersebut ternyata ditawarkan secara premium.

 

  1. Iklan

Aplikasi yang bersifat gratis ini sering menayangkan iklan demi menghasilkan keuntungan. Ini cara yang paling mudah agar pemilik aplikasi mendapatkan penghasilan secara pasif dari aplikasinya. Iklan ini sering muncul saat pengguna memilih fitur yang akan digunakan pada aplikasi. Biasanya pada aplikasi game, iklan ini muncul setiap kali pengguna berada di level permainan selanjutnya. Tak jarang pengguna sering terganggu dengan munculnya iklan tersebut. Sehingga membuat aplikasi tersebut mendapatkan rating yang kurang bagus di Play Store.

 

Begitulah beberapa cara yang digunakan oleh penyedia aplikasi untuk mendapatkan penghasilan. Ternyata aplikasi yang bersifat gratis pun bisa memperoleh keuntungan. Apakah anda tertarik menjadi penyedia aplikasi atau bahkan menjadi Mobile App Developer?