Awal Mula Lorem Ipsum Sebagai Teks Standar

Januari 05, 2022

sejarah lorem ipsum

Bagi orang-orang yang berkecimpung di dunia desain dan layout konten, Lorem Ipsum menjadi pemandangan yang sering ditemui. Lorem ipsum adalah teks yang digunakan untuk mengisi sebagai dummy konten ataupun dummy teks apabila teks yang disiapkan belum siap untuk ditayangkan. Lorem ipsum ini mirip bahasa latin sehingga tidak banyak orang yang mengerti apa artinya.

Umur teks ini cukup tua sehingga banyak yang menganggap bahwa teks Lorem Ipsum tidak punya arti. Meskipun juga banyak yang menganggap teks tersebut mirip bahasa Latin. Sampai seorang sarjana Latin dari Hampden-Sydney College, bernama Richard McClintock ikut berpendapat tentang penggalan teks Lorem Ipsum.

McClintock menemukan kata “consectetur” didalamnya tepatnya di kalimat pertama, itu berasal dari bahasa Latin kuno yang jarang digunakan meskipun dalam teks Latin yang ditemukan dalam sejarah selama ini. Selain itu McClintock meyakini bahwa teks ini berasal dari penggalan dari De Finibus Bonorum et Malorum yang ditulis oleh filsuf Romawi yang bernama Cicero pada abad pertama sebelum masehi.

Bagian 1.10.32-33 dati tulisan tersebut yaitu

“Neque porro quisquam est, qui dolorem ipsum quia dolor sit amet, consectetur, adipisci velit, sed quia non numquam eius modi tempora incidunt ut labore et dolore magnam aliquam quaerat voluptatem.”

Bandingkan dengan kalimat dari Lorem Ipsum dikutip dari https://www.lipsum.com/

“Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.”

Jika dilihat sekilas memang ada perubahan penulisan dan perubahan sususan kalimat yang membuat teks tersebut kehilangan makna. Sehingga belum bisa dipastikan bahwa teks Lorem Ipsum memang dikutip dari tulisan Cicero.

McClintock menyebut teori lain bahwa teks Lorem Ipsum tercipta dari seorang penata cetak pada abad ke 15 yang memang mengacak dari tulisan Cicero untuk mencontohkan bebagai jenis tulisan pada besi kuno.

Ada juga teori lain yang menyebutkan bahwa Lorem Ipsum tercipta pada tahun 1914. Yang berarti bahwa teks Lorem ipsum lebih muda dibandingkan tulisan Cicero. Menurut teori tersebut, buku edisi Loeb Clasiccal Library dari De Finnibus diterbitkan pada 1914 kehabisan ruang pada halaman 34 untuk frasa “dolorem ipsum”. Sehingga editor buku tersebut memutuskan untuk membuang “do” yang kemudian tersisa “lorem ipsum”.

Sampai saat ini belum dipastikan sumber yang menciptakan teks Lorem Ipsum. Namun Lorem Ipsum sudah menjadi teks standar yang digunakan untuk pengujian tampilan teks di semua negara. Teks ini bisa digenerate melalui https://www.lipsum.com/ .