Mengenal Windows Defender Bukan Sekedar Anti Virus

Desember 30, 2021

Windows Defender Windows Security

Banyak sekali upaya untuk mengamankan komputer dari kejahatan. Salah satunya kejahatan yang dilakukan oleh virus. Virus bisa menurunkan performa bahkan bisa sampai merusak Windows sebagai sistem operasi. Tak jarang pengguna menginstall anti virus pada komputer untuk meminimalisir ancaman tersebut. Berbagai pilihan anti virus dari vendor masing-masing anti virus yang menawarkan fitur gratis sampai pada fitur premium. Tetapi ternyata ada satu anti virus yang tidak banyak diketahui oleh pengguna yaitu Windows Defender.

Windows Defender adalah sebuah sistem yang merupakan paket bawaan dari Windows 10 dan Windows 11 yang berfungsi untuk mengamankan komputer dari kejahatan siber. Salah satu kelebihan Windows Defender dibandingkan anti virus milik vendor lain yaitu Windows Defender ini gratis dan tidak menawarkan fitur tersendiri yang bersifat premium.

Pada Windows 10, Windows Defender sudah berganti nama menjadi Windows Security. Windows Security ini memiliki banyak fitur dimana salah satu fitur yang tentunya dicari banyak pengguna yaitu fitur anti virus.

Windows Security ini membagi klasifikasi perlindungan yang ditawarkan ke pengguna yaitu :

  1. Perlindungan Virus dan Ancaman.

Fitur ini berguna untuk melakukan scan pada komputer anda. Selain itu opsi ini juga memberikan perlindungan terhadap serangan malware.

  1. Perlindungan Akun

Perlindungan ini mempunyai lingkup pada identitas akun Windows yang digunakan.

  1. Firewall dan Perlindungan Jaringan

Perlindungan ini memberikan keamanan pada jaringan saat komputer terhubung dengan koneksi luar seperti misalnya koneksi melalui kabel LAN maupun internet WIFI.

  1. Kontrol Aplikasi dan Browser

Fitur ini mendeteksi apabila ada ancaman yang berasal dari aplikasi yang akan diinstal maupun website yang sedang diakses melalui browser.

  1. Keamanan Perangkat

Perlindungan ini diberikan jika perangkat keras itu dikontrol oleh suatu software maupun koneksi jaringan yang berusaha menyalahgunakan kinerja dari hardware komputer.

  1. Performa & Kesehatan Perangkat

Fitur ini memberikan status untuk monitoring yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna dalam hal kapasitas penyimpanan, aplikasi dan software sampai pada Windows Time Service.

  1. Pilihan Keluarga

Fitur ini mempunyai beberapa opsi seperti pengawasan orang tua terhadap anak. Fitur ini sangat membantu orang tua jika orang tua memberikan penggunaan komputer pada anak yang masih dibawah umur. Orang tua bisa membatasi website yang diakses, dan juga software yang digunakan oleh anak.

 

Windows Security ini berhasil masuk dalam tiga besar pada kategori aplikasi keamanan bersaing ketat produk dari Mcafee dan Avast. Menurut laporan review yang dilakukan AV-TEST ( Antivirus & Security Software & AntiMalware Reviews ) pada bulan Oktober 2021, Windows Security memiliki poin tertinggi dari segi level fitur pengamanan komputer.

Windows security ini mempunyai banyak opsi kontrol bukan hanya terhadap ancaman dari luar, tetapi juga bisa mengawasi penggunaan komputer untuk pemeliharaan komputer itu sendiri. Karena itu Windows Security ini bisa jadi andalan jika memang fiturnya bisa dimaksimalkan oleh pengguna sesuai dengan fitur yang ada.