Fungsi Hub dalam Jaringan Komputer

Desember 22, 2021

Hub Jaringan Komputer

Jaringan komputer saat ini menjadi salah satu hal yang wajib untuk diterapkan di perkantoran yang berbasis teknologi informasi. Jaringan komputer memudahkan untuk pengiriman informasi internal yang dimiliki oleh suatu perusahan. Dalam jaringan ini tentunya diperlukan beberapa perangkat agar jaringan komputer bisa terhubung dengan baik antara satu dengan yang lainnya. Selain kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) yang digunakan untuk koneksi LAN (Local Area Network), Hub menjadi perangkat yang juga penting dalam jaringan.

Hub adalah perangkat yang memiliki beberapa port Ethernet yang digunakan beberapa komputer agar terhubung menjadi satu. Komputer yang terhubung pada Hub menggunakan kabel LAN yang dipasangkan pada port Ethernet.

Cara kerja Hub yaitu ketika Hub menerima data, Hub akan lan gsung meneruskan data tersebut pada semua komputer yang terhubung pada Hub. Karena hub menjadi perangkat yang terpusat, tentunya kerusakan pada Hub juga akan merusak semua hubungan antar komputer yang terhubung pada Hub.

Penerapan Hub pada perkantoran seperti misalnya mempunyai aplikasi yang terpusat pada server dan hanya diakses oleh karyawan internal. Contohnya seperti aplikasi cuti. Dengan menggunakan Hub maka semua komputer yang ada di kantor akan bisa mengakses aplikasi cuti pada server tanpa harus menginstall di setiap komputer.

Penerapan Hub juga bisa dilakukan di warnet. Seperti misalnya pada fitur login user yang menghitung berapa lama pengguna sejak pertama kali memakai komputer sampa pengguna pulang dari warnet dan membayar. Waktu login ini akan dikirimkan ke komputer server untuk dihitung sesuai tarif yang diberlakukan oleh warnet tersebut.

Dengan penerapan tersebut ada beberapa fungsi Hub pada jaringan komputer. Diantaranya adalah :

  1. Memecahkan jaringan dari server menuju komputer client atau user

Server sebagai pusat informasi bisa mengirimkan informasi tersebut melalui hub. Meskipun server hanya satu, tetapi jaringan dari server bisa dipecah dan masing-masing data mempunyai informasi yang sama persis dari server.

  1. Mentransmisikan jaringan dari server

Setelah berhasil dipecahkan pada Hub, data yang berasal dari server dikirimkan ke semua komputer client yang terhubung melalui Hub.

  1. Menjadi penguat sinyal pada transmisi paket data

Fungsi ini ada pada sebagian Hub yang disebut Smart Hub atau dikenal sebagai Hub Aktif. Smart Hub ini bisa menguatkan sinyal transmisi paket data, sehingga hal ini akan meminimalisir gangguan maupun lambatnya proses pengiriman data pada jaringan.

 

Dengan fungsi tersebut tentunya Hub sangat bermanfaat untuk jaringan komputer. Berbagi informasi yang sumbernya terpusat akan menghemat proses yang terjadi di local komputer yang akhirnya juga bisa mengumpulkan kembali data terpusat pada server.