Fungsi dan Cara Kerja Repeater

Desember 16, 2021

cara kerja repeater

Banyak orang saat ini sudah memiliki internet yang dipasang dirumah. Bagaimana tidak, saat ini banyak sekali penyedia konten digital yang bisa diakses oleh pengguna baik dari hiburan sampai pada konten edukasi yang tentunya bisa diakses secara online. Selain itu, sudah mulai banyak bermunculan penyedia produk smart home yang berbasis Internet of Things.

Tetapi ternyata Access Point (AP) atau yang sering disebut sebagai Wifi ini, yang disediakan oleh vendor atau Intenet Service Provider (ISP) tersebut mempunyai jangkauan sinyal dengan jarak tertentu. Sinyal wifi tidak selalu bisa menjangkau semua ruangan yang ada di dalam rumah. Karena hal itu, maka pengguna bisa memanfaatkan repeater agar sinyal AP bisa terjangkau di semua ruangan.

Secara kata Repeater berarti pengulang. Repeater adalah suatu perangkat yang menerima dan mengolah sinyal wifi kemudian memancarkannya kembali dengan jangkauan sinyal yang baru.

Misalnya pengguna meletakkan Access Point (AP) di lantai satu di ruang tengah, sedangkan ruang kerja miliknya berada di lantai dua. Tentunya sinyal yang dikirimkan oleh AP akan lemah akibat jarak maupun benda-benda yang menjadi penghambat sinyal. Pengguna bisa memanfaatkan dan meletakkan Repeater di jangkauan AP meskipun sinyal dari AP lemah. Kemudian Repeater akan mengolah sinyal tersebut dan memberikan sinyal baru sesuai jangkauan terhitung dimana Repeater diletakkan.

Repeater memancarkan kembali sinyal yang sama dan lebih kuat. Tujuan utama dari repeater adalah memanjangkan jarak sinyal agar bisa terjangkau pada laptop atau peralatan elektronik yang membutuhkan koneksi internet secara wireless. Maka dengan meggunakan repeater anda akan memperoleh banyak manfaat dan fungsi tanpa harus repot untuk memindahkan Access Point.

 

Fungsi Repeater

  1. Memperluas jangkauan internet

Repeater memberikan koneksi internet dengan kualitas yang sama persis seperti yang dimiliki oleh Access Point apabila jarak pemakaiannya dekat dengan Access Point. Maka pengguna tidak perlu khawatir pada kualitas internet yang dikirimkan melalui repeater.

 

  1. Mengoptimalkan sinyal Wifi

Repeater bertugas untuk menambah jangkauan sinyal Wifi. Pengguna tidak perlu repot untuk mendekatkan semua gadget didekat Access Point. Pengguna bisa meletakkan peralatan elektronik sesuka hati dengan menambahkan Repeater.

 

  1. Mengurangi penggunaan kabel jaringan

Penggunaan kabel jaringan atau kabel UTP tentunya akan memakan tempat. Kabel selalu membutuhkan pengaturan agar ruangan terlihat rapi, sedangkan hal tersebut akan memakan banyak waktu untuk menerapkannya. Karena itu Repeater menjadi solusi yang mudah agar koneksi internet tetap lancar walaupun sedang berada jauh dari Access Point.

 

Penggunaan repeater ini sangat bermanfaat untuk pihak yang jumlahnya dalam skala kecil. Karena Repeater tetap berpusat pada koneksi utama yaitu Access Point. Repeater cocok diterapkan untuk pengguna yang tidak terlalu banyak tetapi punya lokasi yang berjauhan secara ruangan. Hal ini dikarenakan Repeater tidak menambahkan jumlah alokasi pengguna untuk terhubung pada jaringan di saat yang sama. Tentunya pengguna harus tahu kapan harus memanfaatkan Repeater atau menambah Access Point yang baru.