Pengertian dan Manfaat Firewall

Desember 09, 2021

pengertian dan manfaat firewall

Perkembangan teknologi pada komputer dan jaringan memberikan banyak dampak postitif dan dampak negatif. Komputer menjadi salah satu tempat penyimpanan data yang diandalkan saat ini untuk memudahkan akses data kapanpun dan dimanapun. Tetapi komputer tersebut harus diperlakukan khusus juga dari segi keamanan. Salah satu tipe pengamanannya adalah penggunaan firewall.

Firewall adalah sistem keamanan jaringan komputer yang berperan sebagai pelindung dari berbagai jenis serangan seperti virus, malware, spam maupun serangan jenis lainnya. Firewall ini berupa perangkat lunak yang memiliki tugas utama untuk mencegah akses yang dianggap illegal atau tidak sah yang sifatnya mengancam keamanan dari komputer yang sedang digunakan.

Berdasarkan arti kata dalam Bahasa Indonesia yang berarti “Tembok Api”, hal ini berarti bahwa cara kerja firewall adalah mengecek semua komunikasi data yang berasal dari request user dan dari luar komputer untuk disesuaikan kriteria pada konfigurasi firewall. Jika komunikasi data sudah sesuai dengan standar keamanan, maka akan diteruskan dan diterima oleh komputer. Akan tetapi jika tidak sesuai, maka komunikasi data akan dihentikan oleh firewall.

Sebagai user komputer dalam dunia jaringan dan internet, user tidak selalu mengenali karakter serangan virus ataupun malware. Virus maupun malware biasanya bergerak otomatis dan aktif dalam jaringan. Tipe serangan tersebut bisa merusak sistem operasi sampai pada detil file-file yang berada di komputer. Bahkan untuk level yang lebih tinggi, serangannya bisa berupa pencurian data oleh hacker. Karena itu aktivasi firewall sejak awal sangat penting dilakukan pada semua komputer. Hal ini guna mencegah adanya serangan yang tidak terduga pada akses digital.

Manfaat Firewall

  1. Melindungi komputer dari akses jarak jauh yang bersifat illegal

Jika anda tidak mengontrol akses jarak jauh dengan menggunakan firewall, maka resiko penyerangan pada komputer akan semakin besar. Karena banyak hacker yang selalu aktif untuk melakukan uji coba pada setiap komputer yang terhubung pada jaringan internet.

 

  1. Memblokir pesan maupun konten yang tidak diinginkan

Saat kita melakukan aktifitas seperti browsing dan membuka website tertentu, seringkali banyak malware yang diselipkan pada website tersebut. Sering kali malware ini tidak langsung ptomatis masuk ke komputer, tetapi membutuhkan konfirmasi user. Tetapi konfirmasi ini biasanya berhasil mengecoh user dengan karakter phising yang ditampilkan pada user. Sehingga user tidak mudah curiga pada konten yang disetujui olehnya.

 

  1. Menghalangi program jahat yang bisa merusak komputer

Program atau aplikasi jahat ini bisa membuat komputer terasa lambat bahkan sampai merusak sistem operasi komputer. Aplikasi ini juga mirip seperti poin sebelumnya, biasanya aplikasi terinstall karena aplikasi ini berhasil mengecoh user untuk menyetujui aplikasi ini untuk masuk dan terinstall pada komputer.

 

Firewall memang menjadi salah satu sistem yang sangat membantu untuk menjamin keamanan komputer. Tetapi hacker selalu saja berusaha menemukan celahnya. Oleh karena itu, sebagai user wajib untuk selalu melakukan review terhadap apapun aktifitas pada komputer demi kenyamanan dan keamanan.