Sama-sama Kamera Pengawas. Inilah Perbedaan CCTV Analog dengan IP Cam

Desember 03, 2021

perbedaan cctv dan ipcam

Mengawasi ruangan maupun lokasi bangunan tertentu menjadi salah satu faktor penting dalam hal keamanan. Mulai dari penjagaan dengan penguncian ganda pada pintu masuk, merekrut staff khusus untuk menjaga keamanan, sampai pada penggunaan kamera pengawas.

CCTV analog menjadi kamera pengawas yang telah dikenal banyak orang  untuk bisa mengawasi dan merekam semua aktifitas area yang berada di cakupan tertentu. CCTV mulai banyak digunakan sekitar tahun 1970an dengan resolusi video yang rendah dan menggunakan rekaman Video Cassette Recorder (VCR) pada saat itu. Seiring perkembangan teknologi CCTV Analog sudah bisa menyimpan video menjadi file digital yang mudah ditransfer.

Dengan berkembangnya teknologi jaringan, teknologi CCTV Analog diterapkan pada IP Cam. IP Cam singkatan dari Internet Protocol Kamera. IP Cam yang awalnya muncul pada tahun 1996 mengusung teknologi hasil video dengan resolusi yang lebih tinggi dari CCTV Analog. Berikut perbedaan CCTV dengan IP Cam.

CCTV

CCTV singkatan dari Closed-Circuit Televison yang berarti hasil videonya diterjemahkan televisi yang menggunakan sinyal bersifat tertutup. Cara kerja CCTV Analog ini saat setelah kamera analog merekam gambar, kemudian mengirimkannya menggunakan media kabel coaxial ke Digital Video Recorder (DVR). DVR kemudian menerima video dari sinyal analog tersebut kemudian mengubahnya ke sinyal digital, kemudian berubah menjadi file digital video yang otomatis tersimpan di hard drive.

Monitor yang digunakan untuk melihat hasil video tersebut, harus tersambung dengan DVR. DVR memiliki port yang tidak terlalu banyak. Sehingga untuk memasang cctv yang berjumlah banyak akan dibutuhkan DVR yang banyak juga. DVR bisa terhubung dengan modem atau router yang membuat video yang dihasilkan bisa diakses melalui internet. Sayangnya tidak ada fitur enkripsi yang terdapat pada DVR membuat video lebih mudah disadap.

Selain itu, pemasangan CCTV analog banyak menggunakan kabel di setiap perangkat kameranya. Hal ini membuat pemasangannya membutuhkan waktu lebih untuk mengatur kabelnya. Kamera CCTV Analog tidak memiliki fitur digital zoom, mengingat resolusinya hanya di angka 720 x 575. Kamera CCTV juga memiliki cakupan area pengawasan yang tidak terlalu luas. Sehingga membutuhkan strategi yang tepat agar kamera CCTV bisa merekam secara efektif dari sudut yang ditentukan.

 

IP Cam

Berbeda dengan CCTV Analog, IP Cam singkatan dari Internet Protocol Camera yang tentunya memanfaatkan internet sebagai pengiriman hasil data yang dihasilkan. IP Cam tidak memerlukan DVR, tetapi terhubung pada switch yang disambungkan ke NVR (Network Video Recording). Di dalam NVR terdapat software yang merekam video dan sekaligus mengubahnya ke format digital yang juga otomatis menyimpannya pada hard drive yang tersedia.

Rekaman video yang dihasilkan IP CAM mempunyai resolusi yang mencapai 4K yaitu pada angka 4096 x 2160. Hal tersebut membuat fitur digital zoom pada IP Cam bisa bekerja dengan baik. Meski begitu, IP Cam bisa diatur dengan resolusi yang rendah pada 720x480 jika ingin menghemat bandwidth maupun menghemat tempat penyimpanan.

IP Cam hanya menggunakan satu kabel LAN Cat 5 atau Cat 6. Bahkan sebagian IP Cam sudah mengusung teknologi wireless (nirkabel) membuat pemasangannya mudah dan praktis.

Kelebihan lainnya dari IP Cam yaitu tersedianya fitur enkripsi yang membuat transfer video melalui internet lebih aman dibandingkan CCTV Analog. Tetapi pengguna juga harus tetap menambah metode security pada WiFi yang terhubung pada IP Cam jika menggunakan teknologi wireless.

 

Perbedaan CCTV Analog dan IP Cam tersebut memberikan opsi pada anda untuk memilih konsep dan penggunan yang cocok untuk keinginan dan tujuan anda. Tentunya IP Cam disini memang lebih efektif dari segi kelengkapan fitur dan keamanannya.

Selain itu pemilihan internet provider juga akan menentukan tingkat efektif dari video yang diakses. Padinet sebagai internet service provider Surabaya menyediakan layanan internet dan konsultasi jaringan serta pemasangan IP Cam agar berjalan secara efektif dan efisien dari segi kualitas maupun performa.

 

Info lebih lanjut hubungi :

Telp. 031-5616330

Atau klik untuk chat dengan tim marketing PadiNET.