SSH dan Cara Kerjanya

November 19, 2021

SSH dan Cara Kerjanya

Perkembangan teknologi control jarak jauh menjadi salah satu poin yang sangat penting. Kontrol jarak jauh yang bisa mengoptimalkan tenaga dan waktu yang tentunya diminati oleh banyak orang. Tidak terkecuali bagi pihak yang berkecimpung di dunia teknologi informasi. Dimana akses dimanapun dan kapanpun serta bekerja secara remote jarak jauh menjadi hal yang diandalkan. Salah satunya yaitu ketika mengakses server dari jarak jauh menggunakan SSH.

SSH (Secure Shell) adalah suatu protokol administrasi yang menjembatani user untuk mengakses dan mengontrol server secara jarak jauh menggunakan internet.

Dengan menggunakan SSH, user bisa memodifikasi berbagai macam pengaturan yang ada di server. SSH memiliki jalur yang aman dan terpercaya meskipun anda menggunakan internet di tempat publik. Hak akses user SSH ini seringnya diberikan dengan posisi admin tertinggi agar memiliki kebebasan mengelola server dari jarak jauh.

Cara Kerja SSH

Untuk pengguna windows, biasanya memakai PuTTY sebagai SSH Client. Sedangkan untuk pengguna MacOS dan Linux tidak perlu menginstall tambahan aplikasi karena SSH sudah ada pada terminal pada sistem operasinya. SSH ini bekerja secara dua arah yaitu dari sisi client dan sisi server.

Pertama, user diharuskan menginputkan username dan password di sisi SSH Client. SSH Client adalah SSH yang digunakan oleh user misalkan PC (Personal Computer) ataupun laptop. Kemudian saat user menginputkan data tersebut, maka SSH akan melakukan enkripsi. Data terenkripsi ini dikirimkan melalui internet kemudian diterima di sisi SSH server dan dilakukan dekripsi. SSH Server adalah SSH sebagai host yang berada di server yang menerima request dari user dan memprosesnya. Dan selama pertukaran data saat sudah terkoneksi antar dua sisi, enkripsi dan dekripsi data selalu dilakukan secara otomatis oleh SSH.

 

Enkripsi menjadi andalan jalur SSH yang membuat komunikasi antar SSH Client dan SSH Server menjadi aman. Tiga teknologi enkripsi SSH adalah simetris, asimetris dan hashing.

Keamanan dari SSH ini tentunya banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh user. User bisa mengontrol server dengan leluasa dimanapun selama ada koneksi internet. Selain itu keamanan juga terjamin karena enkripsi dan dekripsi data yang dilakukan oleh SSH. Sehingga user bisa mengoperasikan server dari jarak jauh tanpa khawatir dengan terjadinya pencurian data.