FTP dan Cara Kerjanya

November 10, 2021

FTP adalah

Tranfer data secara online merupakan hal yang hampir selalu dilakukan. Pembaharuan data juga hal yang penting dalam server. Dimana pertukaran data sering dilakukan kapan kapan saja dan dimana saja untuk update file pada server. Aktifitas tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan FTP.

FTP (File Transfer Protocol) adalah protokol yang bertugas untuk mengubungkan dalam hal pertukaran informasi dan data pada komputer maupun server internet. Ada dua macam FTP yaitu FTP Server dan FTP Client. FTP Server adalah server yang menjalankan software dengan fungsi memberikan layanan pertukaran file sedangkan FTP client yang melakukan request ke server. FTP menggunakan koneksi TCP/IP untuk metode pengiriman data.

FTP Client adalah FTP yang digunakan melalui komputer atau laptop sendiri untuk terhubung pada server dan bisa melakukan pengecekan file, download, upload maupun delete tergantung hak akses anda. Jika anda mempunyai level akses sebagai root, maka anda mempunyai hak terhadap semua file yang ada di server.

FTP sering digunakan untuk terhubung pada web hosting. FTP mempunyai tampilan yang lebih mudah dimengerti untuk mengakses file pada web hosting. FTP lebih mudah untuk melakukan pengaturan setiap file dibandingkan CPanel. Beberapa aplikasi FTP sudah banyak tersedia dan bisa didapatkan dengan gratis seperti misalnya FileZilla dan WinSCP. Filezilla bisa dijalankan di sistem operasi Windows dan Linux, sedangkan WinSCP hanya bisa dijalankan di sistem operasi Windows.

Cara kerja FTP dengan menggunakan WinSCP  :

  1. File protocol pilih FTP
  2. Port number : 21
  3. Username : username FTP di CPanel
  4. Password : password FTP di CPanel

Selain tampilan yang mudah dipahami, WinSCP menyimpan lokasi folder terakhir yang anda akses, baik di sisi client maupun disisi server. Hal tersebut guna untuk mempersingkat waktu apabila di kemudian hari menggunakan WinSCP lagi maka tidak perlu untuk mencari lokasi folder. Anda bisa mendownload WinSCP melalui situs resmi WinSCP. Dengan terhubung melalui FTP, akan semakin mudah untuk mengelola file website yang berada pada halaman hosting.