Tips Memilih Nama Domain Untuk Website

Oktober 29, 2021

tips memilih nama domain

Website menjadi salah satu tools untuk digital marketing. Berbagai macam bisnis dan jasa yang mengenalkan identitas melalui website. Website saat ini masih menjadi sumber informasi yang dianggap bisa dipercaya.

Untuk memudahkan agar nama bisnis mudah dicari melalui internet, nama domain merupakan salah satu faktor yang penting. Terkadang cukup membutuhkan waktu untuk memberi nama domain pada website. Nama domain menjadi perwakilan jenis bisnis yang sedang kita lakukan. Tentunya nama domain ini seharusnya mudah diingat agar semakin mudah pula memperkenalkan bisnis ke calon pelanggan.

Berikut tips memilih nama domain untuk website :

  1. Pilih nama yang unik dan singkat

Pada dasarnya, nama domain itu bisa menggunakan kalimat yang panjang. Akan tetapi ketika nama domain yang panjang bisa membuat orang lain susah menghafalkannya. Hal tersebut berpengaruh pada seberapa tertarik mereka ingin mengunjungi website tersebut. Seperti halnya nama domain facebook.com dan juga twitter.com akan lebih mudah diingat dan lebih cepat untuk mengetikkannya pada browser.

Selain singkat, nama yang unik juga memberikan kesan pada calon pengunjung website. Apalagi ketika mereka lupa apa ekstension yang dimiliki oleh domain tersebut, seperti halnya antara domain .com ataupun .id. Saat melakukan pencarian melalui browser dengan kata unik tersebut maka website anda akan berada di urutan pertama dari hasil pencarian.

 

  1. Samakan dengan akun sosial media

Jika anda menggunakan akun sosial media sebagai salah satu tools marketing bisnis anda, maka anda bisa menyamakan nama domain website dengan nama akun sosial media. Sebagian orang saat ini lebih menyukai pencarian barang maupun jasa lewat social media. Agar mereka lebih yakin terhadap bisnis yang kita jalani, biasanya pengunjung mencari info lebih lanjut lewat website. Jika nama akun social media sama dengan nama domain website, maka mereka akan lebih mudah dan cepat untuk mencari info melalui browser.

 

  1. Gunakan nama brand

Menggunakan nama brand menjadi opsi yang paling mudah untuk digunakan sebagai nama domain. Tetapi memang pastikan bahwa brand anda memang unik dan singkat. Seperti halnya PT Padi Internet sebagai internet provider yang sering disebut dengan brand PadiNET, memiliki nama domain www.padi.net.id yang juga memiliki nama akun Instagram menggunakan nama brand yaitu @padinet.

 

Dengan tips tersebut anda bisa lebih bijak untuk memilih nama domain maupun nama brand. Nama brand ini nantinya akan memudahkan untuk memasarkan bisnis anda. Semakin unik dan singkat akan semakin mudah diingat oleh orang lain.

Di dunia digital, nama domain yang unik akan otomatis berpengaruh pada optimasi SEO (Search Engine Optimizine) website yang dimiliki. Seringnya pencarian di browser yang menggunakan kata kunci nama brand, tentunya akan semakin tinggi kekuatan website tersebut untuk berada di halaman pertama hasil pencarian.