FAQ - Shared Hosting


Apakah yang dimaksud dengan Hosting?

Hosting merupakan sebuah media pemyimpanan informasi dan data, baik data Website, E-mail, Database, agar Website Anda dapat diakses dan dilihat oleh orang lain dari berbagai penjuru dunia.

Paket Hosting apa saja yang disediakan oleh PadiNET? Berapa harganya?

Untuk mengetahui informasi paket hosting yang disediakan oleh PadiNET silahkan mengakses halaman http://padi.net.id/customer/content/14

Apa itu cPanel?

cPanel merupakan sebuah aplikasi yang kami berikan kepada customer untuk memanage layanan hostingnya. Dimana didalam cPanel tersebut Anda dapat membuat akun email, mengupload data website, membuat database, menambah sub-domain, dan masih banyak funngsi lainnya yang user friendly dan sangat mudah dipahami oleh customer yang awam akan IT.

Apakah ada notifikasi penggunaan space hosting jika sudah mendekati "Over Quota"?

Ada. Sistem kami akan otomatis mengirimkan "Disk Warning" pada saat penggunaan space hosting Anda sudah mencapai 80% ke alamat email Anda yang terdaftar di system kami.

Apa yang harus Saya lakukan jika mendapat notifikasi “Disk Warning” dari cPanel?

Silahkan login ke cPanel Anda dan menghapus data-data yang mungkin sudah tidak terpakai lagi, baik itu data website maupun email, untuk mengurangi penggunaan space hosting Anda atau Anda bisa melakukan upgrade paket hosting ke paket yang lebih tinggi.

Bagaimana caranya apabila Saya ingin melakukan upgrade paket Hosting?

Silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini :

  • Login ke halaman Client Area Anda, kemudian klik menu "Services".
    FAQ Hosting
  • Kemudian klik tombol seperti ujung panah yang menghadap di kanan.
    FAQ Hosting
  • Kemudian klik menu “Management Actions” dan klik menu “Upgrade/Downgrade”.
    FAQ Hosting
  • Kemudian pilih paket hosting yang ingin Anda gunakan untuk upgrade. Misal, paket sebelumnya adalah 300 MB dan ingin upgrade ke 1 GB.
    FAQ Hosting
  • Kemudian system akan menghitung secara otomatis berapa biaya yang harus Anda bayar dengan system penghitungan yang akurat. Cek kembali pesanan Anda dan klik tombol "Click to Continue".
    FAQ Hosting
  • Silahkan melakukan pembayaran sesuai dengan invoice yang telah dikirimkan ke alamat email Anda, dan jangan lupa untuk melakukan konfirmasi kepada kami dengan melampirkan bukti pembayarannya agar layanan Anda dapat segera kami upgrade ke paket yang lebih tinggi.

Bagaimana cara melihat penggunaan space hosting Saya?

  • Silahkan login ke cPanel Anda.
  • Kemudian silahkan klik menu "Disk Usage".

Bagaimana cara membuat akun email di cPanel?

  • Silahkan login ke cPanel Anda.
  • Kemudian silahkan klik menu “Email Accounts”.
    FAQ Hosting
  • Silahkan masukkan alamat email yang ingin Anda buat di kolom "Email", password di kolom "Password" (harus ada kombinasi huruf kecil, huruf besar, angka dan tanda baca), kemudian isi quota/space email di kolom "Mailbox Quota" lalu klik tombol "Create Account".

Bagaimana cara mengakses email yang telah Saya buat di cPanel?

  • Silahkan mengakses Webmail Anda di http://namadomainAnda/webmail
  • Kemudian masukkan alamat email Anda di kolom "Email Address" & password di kolom "Password", lalu klik tombol "Log in".
    FAQ Hosting
  • Silahkan pilih salah satu dari tiga Webmail yang kami sediakan. Masing-masing tipe Webmail memiliki tampilan yang berbeda-beda. Misal contoh dibawah kami memilih "roundcube".
    FAQ Hosting

Bagaimana caranya setting email menggunakan POP3, IMAP dan SMTP di Android, Outlook, iOS, & BlackBerry?

  • Silahkan pilih tipe untuk Incoming Mail Servernya, bisa POP3 atau IMAP.
  • Kemudian kolom Incoming Mail Server diisi "mail.namadomainAnda" (misal : mail.abcde.com).
  • Jika memilih tipe POP3, pastikan port POP3 nya adalah 110 apabila tipe security “No SSL/TLS”.
  • Jika memilih tipe POP3, pastikan port POP3 nya adalah 995 apabila tipe security “SSL”.
  • Jika memilih tipe IMAP, pastikan port IMAP nya adalah 143 apabila tipe security “No SSL/TLS”.
  • Jika memilih tipe IMAP, pastikan port IMAP nya adalah 993 apabila tipe security “SSL”.
  • Kemudian kolom Outgoing Mail Server (SMTP) diisi "mail.namadomainAnda" (misal : mail.abcde.com).
  • Pastikan port SMTP nya adalah 587 apabila tipe security "No SSL/TLS".
  • Pastikan port SMTP nya adalah 465 apabila tipe security "SSL".

Apakah dalam 1 akun hosting, saya bisa menggunakan lebih dari 1 domain?

Anda bisa melakukannya. Penambahan domain dalam 1 akun hosting disesuaikan dengan paket hosting yang telah Anda pilih sebelumnya. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Silahkan login ke cPanel Anda.
  • Silahkan klik menu "Addon Domains".
    FAQ Hosting
  • Masukkan nama domain Anda di kolom "New Domain Name", setelah itu Anda hanya tinggal klik tombol "Tab" pada keyboard Anda, maka untuk kolom "Subdomain" dan "Document Root" akan terisi otomatis. Lalu klik tombol "Add Domain".
    FAQ Hosting

Apakah Saya dapat membuat Sub Domain di akun hosting Saya?

Anda bisa melakukannya. Pembuatan subdomain dalam akun hosting Anda disesuaikan dengan paket hosting yang telah Anda pilih sebelumnya. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Silahkan login ke cPanel Anda.
  • Silahkan klik menu “Subdomains”
    FAQ Hosting
  • Masukkan nama subdomain Anda di kolom “Subdomain”, misal abc. Kemudian arahkan mouse Anda dan klik kolom “Document Root” maka akan terisi otomatis. Lalu klik tombol “Create”.
    FAQ Hosting

Apa yang terjadi jika akun hosting Saya terlanjur “Over Quota”?

Ketika hosting Anda mengalami “Over Quota’, biasanya website Anda akan tetap bisa diakses, tetapi Anda “tidak” akan bisa melakukan sesuatu seperti dibawah ini :

  • Mengakses Webmail
  • Menerima email
  • Mengirimkan email
  • Upload file atau data website.

Solusi praktisnya adalah silahkan Anda melakukan upgrade ke paket hosting yang lebih tinggi, agar dengan space yang lebih besar dapat mencukupi kebutuhan Anda kedepannya.

Mengapa ketika mengakses website Saya muncul keterangan “Bandwidth limit exceeded”?

Keterangan tersebut muncul dikarenakan pemakaian bandwidth/traffic pada website Anda telah melebihi quota bandwidth bulanan yang tersedia untuk paket hosting yang Anda gunakan saat ini. Solusi agar website Anda dapat diakses kembali dengan normal adalah :

  • Upgrade ke paket hosting yang lebih tinggi.
  • Menunggu hingga pergantian bulan, karena nanti di awal bulan berikutnya pemkaian bandwidth Anda akan kembali menjadi “0”.

Pemakaian bandwidth yang besar pada website Anda salah satunya menandakan website Anda memiliki banyak pengunjung dan kebutuhan akan bandwidth yang lebih besar terjawab dengan Anda melakukan upgrade ke paket hosting yang lebih tinggi.