FAQ - Domain


Apakah yang dimaksud dengan Domain?

Domain adalah sebuah nama unik yang dibuat untuk mengidentifikasi nama server seperti webserver atau email server di internet. Nama domain diberikan untuk memudahkan user mengakses server dan mengingat nama server yang telah dikunjungi tersebut, dan hal ini adalah lebih baik daripada harus menghapal urutan nomor atau IP.

  • gTLDs (Generic Top Level Domains) adalah extension domain atau urutan kata setelah nama domain, yaitu .COM, NET, .ORG, .BIZ, dll.
  • ccTLD (Country Code – Top Level Domain) adalah extension domain yang dialokasikan untuk setiap negara, misal untuk Indonesia adalah .ID, .CO.ID, .MY.ID, .BIZ.ID, .OR.ID, .AC.ID, .SCH.ID, .WEB.ID.

Domain apa saja yang disediakan oleh PadiNET? Berapa harganya?

Untuk mengetahu domain apa saja yg disediakan oleh PadiNET beserta harganya, buka halaman berikut ini: http://padi.net.id/customer/content/12

Bagaimana cara mengganti DNS (Domain Name Servers)?

  • Silahkan login ke Client Area Anda dan klik menu “Domain”.
    FAQ Domain
  • Kemudian klik menu klik logo seperti gambar dibawah ini :
    FAQ Domain
  • Kemudian klik menu “NAMESERVERS”, pilih “Use custom nameservers (enter below), kemudian masukkan DNS di kolom Namesever, setelah itu klik “Change Nameservers”.
    FAQ Domain
  • Setelah itu silahkan mengirimkan Ticket kepada kami dan silahkan menginfokan DNS baru yang telah Anda rubah kepada kami, agar mempercepat proses propagasi.

Bagaimana caranya mendapatkan EPP Code untuk domain saya?

Silahkan login ke Client Area Anda dan mengirimkan Ticket kepada kami untuk request EPP Code Domain Anda.

Saya baru memperpanjang domain saya yang telah expired, mengapa website dan email saya tetap tidak bisa digunakan?

Domain yang sudah terlanjur expired walaupun hanya 1 hari, maka DNS dari domain tersebut akan otomatis dirubah oleh Registrar Domain sehingga webnsite dan email Anda tidak dapat diakses.

Ketika Anda melakukan perpanjangan domain tersebut, maka Registrar Domain akan merubah DNS pada domain Anda kembali seperti semula, dan perubahan DNS tersebut membutuhkan waktu propagasi antara 6 – 48 jam.

Setelah waktu propagasi tersebut selesai, barulah website dan email Anda dapat diakses dan digunakan dengan normal.

Bagaimana caranya jika saya ingin memindahkan domain saya yang ada di provider lain ke PadiNET?

Silahkan berkonsultasi kepada kami, bisa melalui telepon di 031-5616330, email di hostingsupport@padi.net.id atau mengirimkan Ticket, agar kami dapat melakukan pengecekan terhadap domain Anda dan memberikan informasi detail terkait langkah-langkahnya.